Beasiswa Kuliah di Makassar Memberikan Harapan Untuk Mengukir Prestasi

jejakblog – Beasiswa kuliah di Makassar banyak diburu calon mahasiswa baru khususnya yang berdomisili sekitar Makassar. Makassar memiliki daya tarik tersendiri sebagai tempat tujuan pendidikan. Seperti halnya beberapa kampus di Jawa, kuliah di Makassar juga memiliki persaingan yang cukup ketat. Terlebih beberapa kampus favorit pilihan yang tentu akan melakukan penjaringan ketat untuk mahasiswa baru.

Info beasiswa UNHAS 2021 salah satu hal yang banyak ditunggu calon penerima mahasiswa. UNHAS singkatan dari Universitas Hasanuddin menjadi salah satu kampus favorit dengan jumlah peminat yang cukup banyak. Tidak heran persaingan yang lebih unggul akan mendapatkan porsi beasiswa sebagai wujud apresiasi. Untuk mendapatkan beasiswa di kampus tersebut terdapat beberapa jalur.

Beasiswa kuliah di Makassar

Beasiswa Kuliah di Makassar Kampus UNHAS

UNHAS adalah salah satu kampus terbaik yang terletak di Makasar, Sulawesi Selatan. Kampus ini didirikan sejak 1956. Berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya diajarkan pada kampus ini. Untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Makassar khususnya di UNHAS, terdapat beberapa jalur yang dapat digunakan. Berikut beasiswa yang dapat dipilih untuk mendapatkan beasiswa.

  • Jenis Beasiswa

Jenis beasiswa UNHAS 2021 beragam yang ditawarkan kepada mahasiswanya. Untuk mengetahui informasi seputar beasiswa diperlukan aktif untuk mencari informasi. Beasiswa ada yang berasal dari pemerintah dan pihak swasta. Jenis beasiswa yang berbeda, dari segi nominal dan persyaratan juga berbeda. Peluang banyaknya beasiswa inilah menjadi salah satu peluang untuk terus melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Politeknik Negeri Bengkalis (POLBENG)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Beberapa beasiswa kuliah 2021 dari pemerintah seperti, Beasiswa Bidik Misi Dikti. Beasiswa ini khusus diberikan kepada pihak penerima yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk biaya kuliah dan memiliki prestasi yang baik. Beasiswa bidik misi menunjang secara keseluruhan biaya pendidikan mulai dari biaya hidup hingga biaya sekolah. Akan tetapi dari segi prestasi memiliki syarat harus baik.

Beasiswa Mahasiswa Unggulan Aktivis (BMU) adalah salah satu beasiswa yang diberikan khusus untuk para aktivis kampus yang memiliki prestasi. Hal ini sebagai wujud dukungan untuk terus mempertahankan nilai akademik di saat aktif dalam kegiatan kampus. Untuk memenuhi persyaratan ini, maka harus mendapat rekomendasi pihak kampus bahwa telah aktif di beberapa kegiatan kampus.

Beasiswa Mahasiswa Unggulan Aktivis (BMU) ditujukan kepada pengurus BEM, UKM, dan organisasi kemahasiswaan lainnya yang telah diakui keberadaannya. Program yang memiliki tujuan upaya support untuk terus aktif di berbagai kegiatan namun tidak melupakan tugasnya sebagai seorang mahasiswa. Salah satu kelebihan kegiatan di kampus sebagai latihan miniatur kehidupan bermasyarakat yang nantinya dijalani.

Masih banyak lagi beasiswa kuliah di Makassar yang dapat diambil baik dari pemerintah maupun swasta. Dalam hal ini penting untuk aktif mencari informasi di situs penyedia info beasiswa, aktif bertanya ke teman atau mengikuti informasi terkini di kampus. Adanya beasiswa menjadikan biaya kuliah bukan lagi menjadi menakutkan, karena dapat diatasi dengan mencari beasiswa.

  • Persyaratan Mendapatkan Beasiswa

Syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Makasar cukup beragam tergantung jenis beasiswa yang ingin dituju. Secara umum syarat yang diminta seperti memiliki IPK minimal 2,75 dan keterangan penghasilan orang tua. Syarat lainnya seperti fotokopi kartu keluarga, fotokopi kartu mahasiswa, dan bukti pembayaran SPP terakhir. Hal tersebut digunakan untuk bukti mahasiswa masih aktif.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa XL Future Leader Beasiswa Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Jika sebelumnya telah dibahas persyaratan umum, secara khusus juga terdapat persyaratan khusus yang harus terpenuhi untuk mengajukan beasiswa. Misalnya beasiswa PT.Djarum, dikhususkan untuk mahasiswa yang aktif di dalam kegiatan kampus. Hal tersebut dengan surat keputusan dari pihak kampus yang menyatakan bahwa mahasiswa tersebut benar adanya aktif di setiap kegiatan kampus.

Contoh lainnya adalah beasiswa Peningkatan Prestasi Ekstrakurikuler (PPE) adalah beasiswa kuliah di Makassar khusus untuk mahasiswa berprestasi. Prestasi dalam hal ini berkaitan dengan bidang seni, olahraga, keilmuan baik lokal maupun daerah. Untuk mengajukan beasiswa tersebut harus disertai dengan bukti sertifikat yang telah diakui keabsahannya baik secara nasional maupun internasional.

  • Jadwal Pengusulan Beasiswa

Jadwal untuk mahasiswa dapat mengajukan beasiswa kuliah di Makassar bervariasi tergantung donatur atau lembaga pemerintahan pemberi beasiswa tersebut. Pada umumnya terjadi di awal semester, namun tidak semua beasiswa akan sama periode waktunya. Untuk mengetahui jadwal pastinya dapat melihat di website resmi Kemahasiswaan UNHAS.

  • Mekanisme Pengusulan

Mekanisme dalam seleksi beasiswa kuliah di Makassar khususnya di UNHAS akan dilakukan secara terbuka. Siapapun dapat mendaftarkan diri jika memenuhi syarat yang diminta. Semua berkas mahasiswa yang mengajukan diserahkan kepada Bagian Kemahasiswaan masing-masing fakultas untuk nantinya dikumpulkan secara kolektif ke bagian Kemahasiswaan Universitas.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Pihak kampus yang akan memproses ke pemberi beasiswa, dengan sebelumnya menyeleksi pemberkasan yang telah masuk. Setelah semua data diserahkan ke pihak pemberi beasiswa, seluruh ketetapan sepenuhnya milik pemberi beasiswa untuk menerima pengajuan tersebut atau tidak. Jika diterima maka pemberi beasiswa akan menghubungi pihak kampus.

Pada dasarnya beasiswa satu dengan yang lain tidak dapat di sama ratakan prosesnya. Ada yang berbeda mekanismenya mengikuti petunjuk arahan masing-masing beasiswa yang ingin diajukan. Beasiswa salah satu cara untuk membantu perekonomian mahasiswa agar tetap fokus dalam belajar. Pihak kampus menjadi fasilitator untuk memberikan informasi beasiswa yang dapat diajukan.

Banyaknya beasiswa kuliah di Makassar menjadikan harus selektif dalam memilih. Ada kalanya pengajuan beasiswa hanya boleh dilakukan satu kali. Hal itu sebagai upaya agar beasiswa dapat tersalur secara merata ke semua mahasiswa yang membutuhkan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menjadikan lebih semangat dalam belajar.

About Admin

Check Also

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB

9 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di ITB, Gratis!

jejakblog – Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *