Inilah 5 Beasiswa di UNY yang Siap Diperebutkan Para Mahasiswa 

jejakblog – Beasiswa di UNY sangat beragam dan diperuntukkan bagi mahasiswa yang berprestasi. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah salah satu perguruan tinggi terkenal di Yogyakarta yang memiliki banyak peminat. Anda yang ingin menempuh pendidikan di sini tidak perlu risau dengan biaya karena UNY menyelenggarakan program beasiswa yang dapat dipilih.

Beasiswa UNY 2021 terbuka untuk mahasiswa UNY yang berasal dari berbagai disiplin ilmu. UNY menawarkan program beasiswa untuk mahasiswa program Strata 1 dan Diploma, hingga mahasiswa program S2 dan S3. Berikut adalah jenis beasiswa yang ditawarkan di UNY, simak persyaratannya agar Anda dapat melakukan persiapan sejak awal.

Beasiswa di UNY

5 Jenis Beasiswa di UNY, Catat Persyaratannya!

Bukan hal yang aneh apabila para mahasiswa berprestasi selalu berlomba memperebutkan beasiswa karena program ini memberikan banyak keuntungan. Selain mendapatkan bantuan berupa dana pendidikan dan biaya hidup, beberapa penyelenggara beasiswa juga memberikan pelatihan untuk meningkatkan life-skill. Berikut beberapa jenis beasiswa di UNY yang bisa dijadikan pilihan.

  • Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Beasiswa Unggulan Kemendikbud diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menyasar mahasiswa dan mahasiswa berprestasi yang memiliki kesulitan ekonomi. Beasiswa Unggulan terbagi dalam 3 kategori yaitu Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Unggulan 3T, dan Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Politeknik Negeri FakFak (POLINEF)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Apabila Anda berdomisili di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) alangkah baiknya jika mendaftar sebagai calon penerima Beasiswa Unggulan 3T. Silahkan kunjungi laman resmi https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/ atau hubungi hotline 0821 6755 6665 untuk memastikan apakah kabupaten tempat tinggal Anda termasuk dalam daftar daerah 3T.

Calon penerima Beasiswa Unggulan sebagai beasiswa di UNY untuk program Strata 1 tidak boleh berumur lebih dari 22 tahun. Meski tidak diwajibkan mampu berbahasa Inggris, namun memiliki sertifikat TOEFL ITP atau IELTS tentu bisa menjadi nilai tambah untuk Anda. Pastikan nilai TOEFL ITP minimal 500/IBT 61, atau nilai IELTS sebesar 5,5.

Beasiswa Unggulan sebagai beasiswa di UNY diberikan pada peserta yang tidak sedang menerima beasiswa dari tempat lain maupun KIP Kuliah. Dana beasiswa yang sudah diterima akan dikembalikan ke kas negara apabila terbukti akan hal tersebut di atas. Beasiswa dihentikan jika mahasiswa pindah program studi atau perguruan tinggi, mengundurkan diri dari program beasiswa, atau berhenti kuliah.

Menulis sebuah esai adalah syarat administratif yang wajib dipenuhi saat mendaftar sebagai calon penerima Beasiswa Unggulan. Pendaftar harus membuat esai dengan tema “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia” yang menjelaskan tentang prestasi calon penerima. Calon penerima harus memiliki nilai akademis tinggi minimal 3,00 untuk program Strata 1 dan 3,20 untuk program S2 dan S3.

Baca Juga:  Mau Daftar Banpres UMKM 2021 Tahap 3? Simak Penjelasannya!

Penerima Beasiswa Unggulan dari program S1 akan menerima bantuan hingga masa studi paling lama 48 bulan. Beasiswa UNY S2 akan memberikan bantuan hingga masa studi paling lama 24 bulan, sedangkan untuk program doktoral adalah 48 bulan. Penerima dituntut untuk mempertahankan IPK. Penurunan nilai IPK selama 2 semester berturut-turut dapat menyebabkan dicabutnya bantuan beasiswa.

  • Beasiswa Supersemar

Beasiswa Supersemar sebagai beasiswa di UNY adalah bantuan dana pendidikan dari Yayasan Supersemar bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi. Calon penerima beasiswa dapat mengisi formulir pendaftaran yang bisa diperoleh di bagian kemahasiswaan. Pendaftar harus memiliki potensi akademis yang tinggi dengan IPK minimal 3,00 dan maksimal duduk di semester 10.

Calon penerima Beasiswa Supersemar sebagai beasiswa di UNY harus melampirkan kelengkapan berkas seperti Kartu Tanda Mahasiswa, Kartu Keluarga, dan KTP. Pendaftar harus menyertakan Surat Keterangan Tidak Mampu yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang. Bisa juga melampirkan surat rekomendasi dari program studi yang menyatakan tidak mampu secara ekonomi.

  • Beasiswa BPD DIY

BPD DIY turut berpartisipasi memberikan dana bantuan bagi pendidikan untuk 20 orang mahasiswa dengan nilai Rp2.500.000,00 untuk setiap mahasiswa. Calon penerima beasiswa tercatat sebagai mahasiswa aktif program Strata 1 minimal semester 3 dan maksimal semester 7. Mahasiswa program Diploma juga dapat mendaftar selama masih duduk di semester 3 dan maksimal di semester 5.

  • Beasiswa Toyota Astra

Beasiswa Toyota Astra diberikan untuk mahasiswa UNY program Strata 1 Reguler yang berada di semester 5 atau 7. Calon penerima adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Elektronika, Pendidikan Teknik Mesin, dan Pendidikan Teknik Sipil. Calon penerima memiliki IPK minimal 2,80 dan belum bekerja tetap atau tidak sedang menerima beasiswa dari tempat lain.

  • Beasiswa Bakti Nusa

Apabila Anda aktif di organisasi mahasiswa Islam dan duduk di semester 7, maka silahkan mendaftar untuk mendapatkan beasiswa Bakti Nusa. Bakti Nusa memiliki program untuk mengembangkan kepemimpinan yang kompeten dan berkarakter sehingga mampu mewujudkan Indonesia yang berdaya. Beasiswa ini mengharuskan penerimanya untuk mempertahankan nilai IPK minimal 3,00.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa S3 dalam negeri tanpa Toefl Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Syarat lain untuk menjadi calon penerima beasiswa Bakti Nusa adalah mahasiswa harus aktif dalam kegiatan sosial di masyarakat. Calon penerima harus memiliki kemmpuan menulis dan pernah menulis di media cetak maupun elektronik, serta menjadi narasumber minimal di lingkungan kampus. Mahasiswa mampu berbahasa asing, bersedia mengikuti seluruh program, dan memiliki keinginan untuk studi S2.

Demikianlah 5 macam beasiswa di UNY yang bisa Anda perebutkan saat menempuh pendidikan di sana. Pada intinya penyelenggara beasiswa akan mencari bibit-bibit unggul yang memiliki prestasi akademis maupun non akademis. Apabila Anda berminat menjadi peserta beasiswa, maka lakukanlah persiapan minimal setahun sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

About Admin

Check Also

Beasiswa S1 hukum di Indonesia

Ingin Mendapat Beasiswa S1 Hukum di Indonesia, 6 Syarat Ini Harus Dipenuhi

jejakblog – Beasiswa S1 hukum di Indonesia memberikan kesempatan yang terbuka lebar bagi calon mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *