6 Tips Penting Lolos Seleksi Beasiswa Di Unpam

jejakblog – Bagaimana cara lolos seleksi beasiswa di Unpam? Bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai mahasiswa penerima beasiswa tentu hal ini sangat penting. Karena agar dapat lolos Anda perlu memperhatikan hal apa saja yang menjadi poin penting yang membuat dipercaya mendapatkan beasiswa tersebut.

Perlu anda ketahui kadang sebuah universitas tidak memberikan informasi terkait seluruh beasiswa yang ada. Oleh karena itu, Andalah yang harus aktif bertanya dan mencari informasi beasiswa di Unpam. Bisa melalui website universitas untuk beasiswa yang diberikan dari kampus atau Anda juga dapat mencari beasiswa swasta lainnya.

beasiswa di Unpam

Tips Mendapatkan Beasiswa Di Unpam

Untuk mendapatkan beasiswa di Unpam sebenarnya sangat mudah. Meskipun harus melengkapi beberapa syarat dan harus memenuhi ketentuannya. Semua tidak mustahil jika Anda gigih. Alih-alih sebagai ganti uang kuliah yang harus Anda keluarkan setiap bulannya.

1. Aktif Mencari Informasi Beasiswa

Jangan menunggu! Prinsip yang harus dipegang kuat oleh pemburu beasiswa di Unpam. Tetapi jemput informasi sebanyak-banyaknya dengan menggali informasi-informasi tersebut. Pasalnya banyak sekali beasiswa baik dalam maupun luar negeri yang dapat Anda ikuti. Tetapi karena ketidaktahuan kita, sehingga kesempatan tersebut hilang begitu saja.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Politeknik Negeri Jember (POLIJE)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Setelah menemukan beasiswa yang diinginkan, baca apa saja ketentuan dan syaratnya. Lalu pelajari seluk beluk serta pendapat orang-orang yang pernah mendapatkannya. Baik beasiswa di Unpam atau universitas lainnya memiliki ketentuan masing-masing.

2. Diskusikan Dengan Guru Favoritmu

Setelah menemukan informasi beasiswa kuliah di Unpam sebaiknya diskusikan dengan guru BK/BP. Jika perlu Anda bisa menanyakan bagaimana cara mendapatkan beasiswa. Pasalnya, beasiswa yang diusulkan dari sekolah memiliki peluang yang lebih besar dan pasti aman.

Kendati demikian, bukan berarti informasi yang kita gali tidak terpercaya dan aman. Namun untuk Anda yang masih awam dengan tata cara mendaftar beasiswa alangkah baiknya berhati-hati. Salah satu langkahnya adalah dengan mendiskusikan informasi yang sudah didapat dengan guru pembimbing di sekolah.

3. Pahami Seluk Beluk Beasiswa Yang Diinginkan

Pasti Anda tahu bahwa beasiswa di Unpam itu banyak jenisnya. Ada beasiswa bidikmisi, KIP-kuliah dan adapula beasiswa swasta seperti dari Djarum atau Sampoerna. Kampus swasta maupun negeri biasanya selalu memberikan tawaran kepada calon mahasiswa baru. Lantas apa yang ingin Anda pilih?

Alasan Anda wajib mencermati beasiswa jenis-jenis beasiswa unpam adalah karena setiap beasiswa memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Sebagai contohnya jika ingin mendapatkan beasiswa prestasi, itu artinya Anda harus konsisten menjaga IPK di atas syarat minimal.

4. Jangan Ragu Untuk Menghubungi Penyelenggara Beasiswa

Setelah informasi beasiswa Anda dapatkan secara mandiri dan telah mendiskusikannya dengan guru, apakah masih ada yang belum diketahui? Jika memang dirasakan masih ada yang mengganjal, jangan segan untuk menghubungi penyelenggara beasiswa di universitas tujuan.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Universitas Borneo Tarakan (Borneo/UBT)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Selain mendapatkan informasi yang lebih akurat, Anda akan mendapatkan keuntungan lain setelah menghubungi pihak penyelenggara secara langsung. Keuntungan tersebut yaitu terlihat bahwa Anda memiliki minat yang tinggi pada beasiswa tersebut. Yang kedua Anda telah membuktikan bahwa memiliki inisiatif.

Dan, tidak hanya sebatas itu lho. Jika menghubungi pihak penyelenggara terlebih dahulu, Anda berada dalam radar mereka. Bisa jadi, mereka akan memberikan poin tersendiri kepada Anda karena mereka telah mengenal calon penerima beasiswa yang mereka berikan.

5. Siapkan Daftar Riwayat Hidup serta

Biasanya beasiswa luar negeri menjadikan esai sebagai salah satu syarat lolos seleksi beasiswa. Esai tersebut sebagai salah satu bahan penilaian mengenai calon penerima beasiswa. Nah, tidak menutup kemungkinan ada beasiswa dalam negeri yang juga mensyaratkan hal ini. Jadi, kalau merasa belum pandai menulis secara runtut, ada baiknya mulai belajar dari sekarang.

Selain memperbaiki gaya menulis, perlu diperbaiki pula gaya bicara Anda. Karena pada akhirnya jika Anda diterima sebagai penerima beasiswa di Unpam pasti akan mengikuti tes interview. Di sinilah kemampuan bicara berperan penting untuk melanjutkan apakah Anda layak mendapatkan atau tidak.

Interview adalah tahap terakhir yang harus dilalui, pasti Anda tidak ingin gagalkan di akhir tahap ini? Jika demikian yang malas lagi untuk berlatih memakai bahasa yang baik dan mudah dimengerti. Selain itu siapkan juga mental dan percaya diri agar saat interview anda tidak grogi.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

6. Masuk Sekolah Dinas

Selain beasiswa di Unpam, Anda juga bisa lho memilih sekolah dinas untuk mendapatkan keringanan biaya. Bahkan di sana tidak ada UKT atau biaya lainnya. Benar-benar bebas biaya. Bahkan Alumninya memiliki prospek kerja yang pasti, sehingga lulus langsung bisa kerja.

Namun yang perlu Anda ingat, seleksi masuk sekolah dinas lebih ketat dibandingkan dengan seleksi beasiswa. Sistem perkuliahan di sana juga berbeda dengan perkuliahan di kampus pada umumnya. Di samping itu tidak semua orang berminat sekolah di kedinasan.

Jika Anda tidak berminat, bisa memilih program beasiswa bidikmisi. Untuk jenis beasiswa ini kuotanya lebih banyak. Bisa mencapai ratusan orang. Di lain sisi syaratnya juga tidak terlalu sulit. Biaya perkuliahan hingga biaya hidup sudah ditanggung sehingga Anda bisa fokus kuliah.

Tetapi jika masih belum beruntung, ada kok beasiswa di Unpam lainnya yang bisa Anda ikuti. Yaitu beasiswa PPA yang bisa diikuti oleh mahasiswa semester tiga sampai 7. Untuk mengetahui informasi terkait beasiswa ini Anda harus aktif. Bisa menggali informasi ke bagian akademik.

Nah itulah tadi tips agar bisa mendapatkan beasiswa di Unpam. Ini tidak hanya berlaku di universitas tersebut lho. Namun juga bisa digunakan di universitas lain tempat Anda menempuh studi. Setelah tahu caranya, siapkan dari sekarang ya! Ini sangat membantu biaya perkuliahan Anda.

About Admin

Check Also

Beasiswa S1 hukum di Indonesia

Ingin Mendapat Beasiswa S1 Hukum di Indonesia, 6 Syarat Ini Harus Dipenuhi

jejakblog – Beasiswa S1 hukum di Indonesia memberikan kesempatan yang terbuka lebar bagi calon mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *