Cara Dapat Beasiswa di Poltekkes Tanjung Karang yang Mudah dan Cepat

jejakblog – Beasiswa di Poltekkes Tanjung Karang dibuka lebar untuk para mahasiswa tahun akademik 2020/2021. Untuk mendapatkan beasiswa ini terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.  Syarat yang harus dipenuhi pun tidak terlalu sulit untuk ukuran seorang mahasiswa.

Menempuh kuliah di Poltekkes tentunya akan lebih terjangkau dan mudah apabila memanfaatkan berbagai macam beasiswa yang ditawarkan. Umumnya beasiswa yang ada tidak hanya dari kampus saja, dari lembaga hingga beasiswa pemerintah pun bisa didapat dengan mudah.

Beasiswa di Poltekkes Tanjung Karang

Syarat dan Cara Mendapatkan Beasiswa di Poltekkes Tanjung Karang

Apa saja yang menjadi syarat agar bisa mendapatkan beasiswa di Poltekkes. Beasiswa pendidikan di Poltekkes Tanjung Karang pada dasarnya sama saja syarat dan ketentuannya di tempat yang lain. Penasaran apa saja syarat yang harus dipenuhi beserta caranya? Simak selengkapnya di bawah ini;

1. Syarat Wajib Beasiswa Poltekkes

Beasiswa di Poltekkes Tanjung Karang membuka kesempatan bagi mahasiswa dari beberapa prodi yang ada.  Untuk dapat menikmati fasilitas beasiswa yang ditawarkan, berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi;

  1. Untuk prodi D-III mulai dari tingkat I dan II
  2. Prodi sarjana terapan mulai dari tingkat I, II dan III
  3. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun
  4. Tingkat kehadiran 100%
  5. IPK minimal saat mengajukan beasiswa adalah 3,50 dengan bukti FC KHS. Rinciannya adalah semester I untuk mahasiswa tingkat I. Semester I, II, III untuk tingkat II. Sedangkan untuk tingkat III KHS yang disertakan mulai dari semester I, II, III, IV dan V.
  6. Memiliki prestasi dalam bidang keilmuan, olahraga dan seni yang dilampiri dengan sertifikat
  7. Aktif dalam kepengurusan organisasi kemahasiswaan(terdapat bukti FC SK)
  8. Fotokopi buku tabungan yang dimiliki
Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Politeknik Negeri Madura (POLTERA)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

2. Ketentuan Umum Mendapatkan Beasiswa

Jika syarat yang dipaparkan di atas merupakan syarat khusus, maka syarat umum yang harus dipenuhi antara lain tercatat sebagai mahasiswa Poltekkes. Dibuktikan dengan lampiran fotokopi kartu mahasiswa dan KTP yang masih berlaku. Ketentuan umum yang lain adalah tidak sedang terlibat dengan tindakan kriminal dan tidak terikat menjadi PNS.

3. Cara Pengajuan dan Pendaftaran Beasiswa

Untuk mengajukan beasiswa di Poltekkes Tanjung Karang harus melewati beberapa prosedur. Umumnya pengajuan akan dilakukan di fakultas pada masing-masing prodi. Namun, sekarang untuk melakukan pendaftaran sebagai penerima beasiswa banyak dilakukan secara online. Biasanya link untuk melakukan pengajuan telah disediakan pihak Poltekkes.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Kedokteran di luar negeri Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

4. Fasilitas Beasiswa

Berkaitan dengan beasiswa di Poltekkes Tanjung Karang, tentunya setiap mahasiswa berharap sekali bisa mendapatkannya. Pasalnya ketika dinyatakan lolos untuk mendapatkan beasiswa terdapat beberapa fasilitas yang akan dinikmati. Setiap mahasiswa akan mendapatkan sejumlah uang untuk biaya kuliah. Ada yang mendapat fasilitas uang beasiswa selama satu semester atau selama setahun.

Fasilitas beasiswa di Poltekkes Tanjung Karang tidak hanya berupa uang saja. Fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh mahasiswa adalah berkesempatan untuk ikut kegiatan sosial yang diagendakan penyedia beasiswa. Jika beasiswa yang didapat semacam beasiswa Djarum, akan beruntung bertemu dengan banyak penerima beasiswa dari berbagai universitas.

5. Macam-Macam Beasiswa

Beasiswa di Poltekkes bisa didapatkan sebelum resmi masuk dan terdaftar sebagai mahasiswa. Beasiswa yang diterima adalah semacam Bidikmisi atau beasiswa daerah.  Beasiswa semacam ini biasanya karena memiliki prestasi baik tingkat nasional atau internasional ada pula beasiswa yang ditawarkan setelah menjadi mahasiswa Poltekkes.

Beberapa beasiswa yang membuka kesempatan lebar adalah beasiswa Djaroem, beasiswa Bank Indonesia, beasiswa prestasi dari Poltekkes, serta beasiswa lainnya. Untuk mendapatkan beasiswa ini, para mahasiswa harus bisa menjaga nilainya agar tetap baik. Sehingga tetap terus bisa menikmati fasilitas beasiswa yang disediakan.

6. Hak dan Kewajiban Mahasiswa Penerima Beasiswa

Menerima beasiswa di Poltekkes Tanjung Karang,terdapat hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh penerima beasiswa.  Kewajiban mahasiswa antara lain mampu mempertahankan IPK minimal 3,00, lulus tepat waktu, aktif sebagai pengurus lembaga kemahasiswaan. Serta dapat menghadiri dan mengikuti kegiatan yang diadakan Poltekkes Tanjung Karang.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa AAS 2022 Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Sementara hak dari mahasiswa setelah lolos seleksi adalah penerima uang sesuai dengan ketentuan. Atau mendapatkan pembebasan biaya pendidikan sesuai jangka waktu pemberi beasiswa. Terpenting adalah mahasiswa mendapatkan akses dan kesempatan mendapatkan pendidikan yang layak.

7. Penghentian Bantuan Beasiswa

Beasiswa untuk kuliah di Poltekkes Tanjung Karang dapat dihentikan penyalurannya apabila mahasiswa dinyatakan telah lulus. Mahasiswa yang mengambil cuti, untuk sementara beasiswa yang didapat akan diberhentikan. Ketentuan penghentian lainnya adalah apabila mahasiswa melakukan tindakan yang melanggar peraturan akademik atau melanggar tata kehidupan kampus.

Mahasiswa Poltekkes yang memutuskan drop out juga fasilitas beasiswanya akan segera diberhentikan. Beasiswa yang diterima juga wajib untuk dikembalikan . demikian pula dengan mahasiswa non aktif, beasiswa akan dihentikan dan mengembalikan semua biaya yang telah dikeluarkan instansi.

Itulah beberapa syarat dan cara yang harus dilakukan mahasiswa jika ingin memperoleh beasiswa di Poltekkes Tanjung Karang. Dari pembahasan di atas, rasanya tidak ada syarat yang sulit atau berat. Semuanya mudah dan mahasiswa pasti bisa memenuhi syarat tersebut. semoga informasi di atas bermanfaat dan semoga beruntung mendapat beasiswa istimewa.

About Admin

Check Also

Beasiswa S1 hukum di Indonesia

Ingin Mendapat Beasiswa S1 Hukum di Indonesia, 6 Syarat Ini Harus Dipenuhi

jejakblog – Beasiswa S1 hukum di Indonesia memberikan kesempatan yang terbuka lebar bagi calon mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *