Inilah Syarat Mengikuti Bansos UMKM Online, Cek Sekarang!

jejakblog – Saat ini pak presiden Joko Widodo memberikan kabar baik bagi masyarakat Indonesia yakni, tersedianya bansos UMKM online. Bantuan sosial tersebut diperuntukkan bagi para pengusaha mikro yang belum pernah melakukan pinjaman di lembaga koperasi atau bank setempat. Lantas, bagaimana cara mendapatkan bansos tersebut? Apa saja syarat-syaratnya?

Tujuan dari tersedianya bantuan sosisal ini adalah untuk menyambung napas para pengusaha mikro. Untuk memenuhi biaya hidup Anda yang tengah mengalami dampak dari pandemi covid-19. Menkop Teten Masduki menyatakan bahwa untuk sektor perdagangan di industri pangan semakin menurun angkanya. Nah, Hal tersebut akan diperkuat dengan para anggota yang membeli produk sendiri.

Syarat-Syarat yang Harus Dipenuhi Oleh Calon Penerima Bansos

Peluncuran dana bansos dari pemerintah ini tentunya sangat bermanfaat untuk membantu perekonomian masyarakat Indonesia, terutama pemilik UKM. Anda memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah dan tertarik untuk mendapatkan bansos UMKM online? Segera daftarkan diri dengan memenuhi beberapa persyaratan berikut ini.

Berstatus Warga Negara Indonesia

Bansos UMKM online akan sangat mudah di berikan apabila calon penerima bansos masih menyandang status kewarga negaraan Indonesia. Hal tersebut pastinya akan memudahkan Anda ataupun rekan kerja saat melakukan rekap dokumen dan juga mencantumkan alamat Anda untuk mendapat pencairan dana.

Baca Juga:  Berikut Cara Daftar Bansos Bogor, Lihat Sekarang! 

Bagi Anda warga Indonesia, identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk atau KTP dapat dijadikan bukti akurat sebagai dokumen pelengkap ketika hendak mendaftar bantuan sosial UMKM online ini. Warga negara asing yang sedang berkunjung ke Indonesia tidak diperkenankan mendaftar diri sebagai calon penerima bansos.

Memiliki Nomor Induk Kependudukan / NIK

NIK ini dapat dijadikan sebagai salah satu bagian dari syarat administratif dalam berbagai kepentingan, salah satunya adalah untuk mendaftar bantuan sosial UMKM ini. Nomor Induk Kependudukan bersifat sangat melekat pada masing-masing individu sebagai bentuk legalitas warga negara republik Indonesia.

Warga negara Indonesia yang memiliki KTP tentunya juga memiliki nomor induk kependudukan atau yang kerap kita sebut sebagai NIK. Adanya NIK berguna untuk mempermudah sesi pendataan Anda secara pribadi dan juga pihak yang bertanggung jawab. Melampirkan nomor induk kependudukan atau NIK juga akan menunjukkan identitas dan data diri Anda secara lengkap nantinya.

Para Pendaftar Harus Memiliki Usaha Mikro

Kriteria dari UMKM sendiri ialah Usaha Mikro. Usaha mikro sendiri ialah suatu usaha atau perusahaan yang memiliki aset bersih atas usahanya sekitar lima puluh juta perbulan. Nah, teruntuk Anda dan rekan kerja Anda bisa mendaftarkan diri sebagai calon penerima bantuan sosial UMKM apabila memiliki usaha mikro seperti ini.

Beberapa contoh usaha mikro yang termasuk dalam kriteria UMKM yakni, warung kelontong, peternak ayam, peternak lele, tukang cukur, dan juga warung nasi, serta beberapa usaha yang sejenis lainnya. Jadi, tunggu apalagi, manfaatkan program banpres ini secara optimal untuk kemajuan usaha Anda dan keluarga.

Baca Juga:  Cara Daftar Bansos Jawa Tengah, Verifikasi Melalui Android Mudah dan Tepat Sasaran

Bukan Termasuk PNS, TNI/Polri juga Pegawai BUMN atau BUMD

Sangat diperuntukkan bagi Anda yang bukan anggota PNS atau sejenisnya. Bansos UMKM online akan terjamin sampai pada tangan Anda apabila Anda dan rekan kerja pure memulai usaha mikro Anda dari bawah dan sama sekali belum meminjam uang atau tunjangan biaya di lembaga koperasi atau di Bank tempat anda membangun usaha tersebut.

Pegawai negeri, anggota TNI/ Polri, pegawai BUMN/ BUMD tentu sudah mendapatkan bentuk dana bantuan dari negara. Oleh karena itu, bansos UMKM ini diprioritaskan untuk warga yang kurang mampu dalam taraf ekonomi atau dalam kategori masyarakat menengah hingga menengah kebawah.

Anda Tidak Sedang Menerima Kredit/Pembiayaan dari Perbankan dan KUR

Karena bansos UMKM online ini bersifat untuk membantu para pengusaha mikro yang membutuhkan, maka sangat direkomendasikan teruntuk Anda yang sedang tidak menerima kredit/pembiayaan dari bank lain. Anda bisa mengurus pendataan ini dengan menyatakan secara mutlak bahwa perusahaan Anda atau usaha mikro yang sedang Anda jalani saat ini tidak tengah menerima bantuan kredit atau biaya apapun dari pihak manapun.

Hal ini dimaksudkan agar penyaluran dana bansos UMKM online dapat terlaksana secara merata kepada masyarakat yang belum pernah berkesempatan untuk mengembangkan usahanya. Terlebih perekonomian masyarakat kecil yang mengalami penurunan secara signifikan ketika pandemi Covid 19 ini dan tentunya sangat memerlukan bantuan dana dari pemerintah.

Bagaimana Jika Identitas KTP dan Domisili Usaha Berbeda?

Apabila domisili Anda dan juga tempat usaha mikro Anda berbeda, jangan khawatir. Anda mampu melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) dengan diketahui oleh pihak kepala desa atau kelurahan setempat. Lampirkan surat keterangan usaha ini dengan kelengkapan data yang lain sebagai bukti.

Baca Juga:  Cara Daftar Bansos UMKM Online BLT Terbaru

Jika Anda telah memenuhi beberapa persyaratan diatas Anda selaku pemilik usaha mikro dapat menerima bansos UMKM online dari pemerintah. Selain itu, Anda juga bisa mendatangi pihak dinas koperasi dan UKM untuk melakukan pendaftaran bantuan sosial ini secara langsung.

Proses Pencairan Bantuan Sosial UMKM Online

Aparat pemerintah yang bertanggung jawab atas keberlangsungan bansos UMKM online, menghimbau kepada para pelaku pengusaha atau pelaku usaha mikro yang melakukan pendaftaran dan telah mendapat konfirmasi melalui Short Message Service (SMS) atau pesan dari bank yang bersangkutan diharuskan untuk segera melakukan pencairan dana dan mengkonfirmasinya terhadap pihak yang bertanggung jawab.

Apabila Anda selaku pemilik usaha mikro dan melakukan sesi pendaftaran untuk mendapat bantuan modal dari pemerintah tapi tak kunjung melakukan pencairan dana, maka bantuan modal tersebut akan ditarik atau dikembalikan pada pemerintah. Tak hanya itu kelengkapan data pun juga perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan bantuan modal tersebut.

Itulah informasi mengenai syarat-syarat bagi calon penerima bansos UMKM online. Perlu Anda ketahui bahwa dana Banpress dari pemerintah ialah adalah hibah dan bukan pinjaman atau kredit. Jadi, tidak akan dipungut biaya apapun untuk pengembalian dana yang telah diberikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan rekan Anda, selaku pemilik usaha.

About Admin

Check Also

Beasiswa S1 hukum di Indonesia

Ingin Mendapat Beasiswa S1 Hukum di Indonesia, 6 Syarat Ini Harus Dipenuhi

jejakblog – Beasiswa S1 hukum di Indonesia memberikan kesempatan yang terbuka lebar bagi calon mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *