Sosial

Bansos UMKM Kapan Cair? Catat Jadwalnya pada 2021

jejakblog – Bagian dari penyelenggaraan program banpres produktif ini menuai harapan besar bagi sebagian besar masyarakat, terutama pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM di Indonesia. Pemerintah menggalakkan bantuan sosial UMKM bertujuan guna menjaga stabilitas perekonomian nasional khususnya untuk para pelaku UKM.

Semenjak program ini digalakkan, masyarakat pun ikut aktif mengikutinya. Beberapa masyarakat mengeluhkan dan bertanya bansos UMKM kapan cair? Bagi Anda yang sudah menanti pencairan bantuan dana sosial untuk UMKM ini tidak perlu khawatir lagi. Informasi berikut akan membantu mengatasi penantian Anda. Simak pemaparannya.

Bansos UMKM Kapan Cair

Mengenal Bansos UMKM

Sistem perekonomian di Indonesia mengalami ketidakstabilan drastis pada saat wabah Covid 19. Pemerintah mulai menetapkan bansos UMKM sebagai bagian dari program banpres. Program tersebut diharapkan mampu mengatasi serta memberikan jalan tengah dalam proses meningkatkan serta menjamin perekonomian masyarakat Indonesia.

Kementerian sosial menetapkan target calon penerima bantuan sosial ini sebanyak kurang lebih 70 ribu KPM. Penyaluran bansos ini diharapkan sampai kepada mereka yang berhak mendapatkannya. Bagi Anda yang sudah melengkapi syarat sebagai calon penerima bansos, tentunya bertanya-tanya mengenai bansos UMKM kapan cair?

Apa Saja Jenis UMKM yang Bisa Menerima Bansos?

Ketika Anda menanyakan bansos UMKM kapan cair, Anda harus tahu jenis usaha apa saja yang bisa menerima bantuan sosial dari pemerintah ini. Adapun bagi Anda yang memiliki usaha mikro di bidang apapun, seperti halnya home industry atau usaha rumahan, maka Anda bisa mengajukan diri sebagai calon penerima bansos UMKM.

Baca Juga:  Mudah! Inilah Cara Daftar Bansos Online Tangerang

Bagi Anda yang memiliki fokus usaha pada bidang penjualan makanan atau minuman, Anda juga bisa mendaftarkan diri, dengan syarat usaha tersebut dapat dibuktikan. Calon penerima bansos dapat mengajukan dirinya kepada pengusul, seperti Dinas Koperasi, Lembaga, Perbankan, serta perusahaan lain yang sudah terdaftar ke dalam Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Berapa Jumlah Dana yang Diperoleh Dari Bansos UMKM?

Sebelum Anda mengetahui informasi mengenai bansos UMKM kapan cair, Anda juga perlu mengetahui berapa jumlah dana yang didapatkan dari bantuan sosial ini. Dana bantuan produktif bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah dibagi atas beberapa kriteria masing-masing. Simak pemaparan berikut ini.

Bantuan Sosial UMKM Sejumlah Rp 2,4 Juta

Jumlah dana bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah untuk UMKM yang pertama yaitu sejumlah Rp 2,4 juta.  Bansos produktif usaha mikro ini akan disalurkan oleh pemerintah kepada dua belas juta pelaku UKM dan yang tidak dalam keadaan sedang mendapatkan kredit atau transaksi pinjaman dengan perbankan mana saja.

Rincian pembagian bantuan sosial UMKM sebesar Rp 2,4 juta ini akan disalurkan setiap bulan sebanyak 4 kali. Anda akan menerima dana Rp 600.000 per bulan. Pemerintah memberikan bansos ini bukan sebagai pinjaman, melainkan bantuan tunai untuk modal UKM ataupun pengembangan usaha demi kemajuan ekonomi nasional.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Universitas Samudra (UNSAM)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Bantuan Sosial UMKM Sejumlah Rp 3,5 Juta

Jumlah dana bansos yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk UMKM selanjutnya yaitu sebesar Rp 3,5 juta. Mengapa pemerintah memberikan dana tersebut untuk pelaku UMKM? Tentunya pemerintah menginginkan agar masyarakat tidak bergantung pada bantuan ini, melainkan kedepannya dapat menjadi masyarakat mandiri dan juga berdaya.

Bansos sebesar Rp 3,5 juta ini nantinya dibagikan dalam tiga kali pencairan. Pertama adalah untuk modal usaha sejumlah Rp 2 juta rupiah, sejumlah Rp 1 juta rupiah untuk inkubasi dan juga mentoring, serta sisanya Rp 500 ribu untuk pengamanan usaha Anda. Lantas,  Bansos UMKM kapan cair? Simak pemaparan lainnya terlebih dulu.

Bantuan Sosial UMKM Sejumlah Rp 5 Juta

Pada pembahasan mengenai bansos UMKM kapan cair selanjutnya yaitu jumlah pencairan dana sebesar Rp 5 juta. Pemerintah juga akan menyalurkan bansos UMKM sebesar lima juta rupiah kepada para pekerja formal, informal, serta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid 19.

Khusus untuk operasional BP Jamsostek, dana bansos sejumlah Rp 5 juta ini akan Anda terima masing-masing Rp 1 juta di awal dan juga insentif satu juta rupiah tiap bulan selama 4 bulan. Sedangkan bagi pekerja informal ataupun pemilik UKM, bantuan sosial ini akan disalurkan dalam bentuk social safety net, yaitu melalui program Kartu Prakerja.

Jadwal Pencairan Dana Bantuan Sosial Pada 2021

Bansos UMKM kapan cair? Jadwal pencairan dana bansos pada 2021 untuk tiap jenis bantuan tentunya berbeda-beda. Informasi dari beberapa portal menyebutkan bahwa dana PKH akan turun setiap tiga bulan sekali selama 2021. Selain itu, penyaluran bantuan sembako diberikan setiap bulan mulai dari Januari sampai Desember 2021.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Universitas Negeri Padang (UNP)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Sementara itu, dana Bantuan Sosial Tunai (BST) akan diberikan selama 4 bulan, yaitu Januari, Februari, Maret, dan April dengan jumlah tiga ratus ribu rupiah per KK pada tahun 2021. Pemerintah mengharapkan agar bantuan-bantuan tersebut tersalurkan secara merata, sehingga pertumbuhan ekonomi nasional dapat mengalami peningkatan yang lebih baik.

Bagaimana Proses Pencairan UMKM?

Bagi Anda yang hendak mencairkan dana bansos UMKM, Anda bisa mendatangi kantor BRI terdekat dengan melengkapi beberapa dokumen sebagai legalitas dan penyesuaian kevalidan data kepada pihak bank terkait. Anda perlu membawa dokumen pencairan bansos, seperti buku tabungan, identitas diri berupa KTP, kartu ATM, Surat Pernyataan, Surat Kuasa penerimaan dana bansos, serta SPTJMK.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya SMS penipuan atas nama BRI, yang nantinya akan merugikan calon penerima bansos. Apabila sebelumnya Anda tidak memiliki rekening BRI dan memperoleh pesan notifikasi, maka Anda bisa mendatangi pihak teller atau kantor BRI terdekat untuk melakukan konfirmasi.

Demikian informasi mengenai bansos UMKM kapan cair yang dapat Anda pahami. Silahkan teliti bulan dan tanggal pencairan dana menurut aturan dan kebijakan dari daerah masing-masing. Pastikan Anda selalu memperhatikan info-info terkini seputar pencairan dana bansos agar tidak menjadi masyarakat tertinggal. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button