Pernah Dengar Bansos Nasabah BRI? Ini Persyaratannya!

jejakblog – Upaya pemerintah dalam mengatasi inflasi ekonomi akibat pandemi covid-19 tidak perlu diragukan lagi. Ada banyak program-program rancangan pemerintah yang dibuat agar ekonomi masyarakat Indonesia tidak mati. Salah satunya yaitu bansos yang disalurkan kepada masyarakat maupun pelaku usaha yang membutuhkan.

Bantuan sosial yang dilakukan pun tidak serta merta dilakukan secara mandiri oleh pemerintah. Tentu perlu adanya kerjasama dengan berbagai pihak agar bantuan dapat tersalurkan secara merata dan maksimal. Salah satunya yaitu bekerjasama dengan pihak Bank. Apakah Anda pernah mendengar bansos nasabah BRI? Simak persyaratannya.

bansos nasabah BRI

Siapa Saja Yang Dapat Menerima Bansos?

Apakah semua nasabah BRI dapat menerima bantuan sosial? Bansos nasabah BRI tentunya tidak diberikan kepada seluruh nasabah BRI yang terdaftar. Tentu sebelum menerima bantuan sosial, ada beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi. Lantas, apa saja persyaratan-persyaratan tersebut? Mari simak pemaparannya berikut ini.

Warga Negara Indonesia

Syarat pertama yang harus dipenuhi yaitu merupakan warga yang memiliki identitas Kewarganegaraan Republik Indonesia (WNI). Dapat dibuktikan dengan Nomor Induk Keluarga yang terdapat pada KTP. Apabila Anda belum memiliki KTP, maka Anda dapat mencantumkan NIK yang terdapat pada Kartu Keluarga.

Nantinya, Nomor Induk Keluarga akan digunakan sebagai salah satu dokumen data usulan saat Anda akan mendaftarkan diri kepada RT/RW setempat. Bagi Anda yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda tempat, Anda dapat melampirkan tambahan dokumen berupa Surat Keterangan Usaha (SKU).

Baca Juga:  Berikut Cara Daftar Bansos Bogor, Lihat Sekarang! 

Memiliki Usaha Mikro

Syarat kedua yang dipenuhi yaitu Anda harus memiliki usaha yang tergolong mikro, kecil, dan menengah yang masih berjalan hingga saat ini. Pemerintah membebaskan usaha apa saja (home industry atau usaha rumahan) yang dapat diajukan untuk menerima bansos nasabah BRI. Asalkan usaha tersebut tergolong dalam tiga kategori tersebut perlu mendapat bantuan.

Pemerintah menganggarkan sebanyak 4,3 juta calon penerima bansos nasabah BRI. Saat ini sudah 2 juta data calon penerima bansos nasabah BRI terverifikasi. Apabila usaha yang Anda miliki tergolong usaha mikro, maka Anda bisa mencoba untuk mengajukan bansos nasabah BRI.

Saldo Nasabah Dibawah 2 Juta

Syarat ketiga yang harus Anda penuhi yaitu, memiliki saldo tabungan dengan jumlah maksimal 2 juta rupiah. Apabila saldo tabungan Anda diatas 2 juta rupiah, maka dapat dipastikan Anda tidak bisa menerima bansos UMKM ini. Tidak hanya itu, Anda juga harus terdaftar sebagai nasabah Simpedes pada Bank BRI.

Sunarso selaku Direktur Utama Bank BRI memperkuat, bahwa bantuan sosial UMKM nantinya hanya diberikan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Tujuannya yaitu untuk membantu ekonomi masyarakat Indonesia agar dapat berangsur meningkat secara signifikan akibat dampak negatif dari masa pandemi covid-19 ini.

Tidak Menerima Kredit

Apabila Anda sedang menerima kredit usaha maupun bantuan dari pihak Bank maupun koperasi, maka Anda tidak dapat melakukan pengajuan dana bantuan sosial yang bekerjasama dengan Bank BRI. Hal ini dikarenakan, Anda di rasa cukup mampu untuk melakukan permajuan usaha Anda tanpa harus menggunakan bantuan sosial UMKM.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Kesehatan Masyarakat Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Tidak perlu khawatir jika Anda sudah terlanjur menerima kredit untuk memajukan usaha Anda. Apabila Anda masih tetap ingin mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan sosial, Anda dapat mengikuti bantuan-bantuan sosial lain yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia.

Bukan ASN, PNS, TNI/Polri dan Pegawai BUMN/BUMS

Adanya program bantuan sosial disambut dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Namun masyarakat juga bertanya-tanya, apa saja persyaratan detailnya. Apabila Anda memiliki usaha mikro, namun bekerja di bidang ASN, PNS, TNI/Polri dan Pegawai BUMN/BUMS, maka Anda tidak diperbolehkan untuk mendaftarkan bansos UMKM ini.

Namun apabila pasangan dari ASN, PNS, TNI/Polri maupun Pegawai BUMN/BUMS yang menjalankan usaha tersebut, maka dapat mendaftarkan bantuan sosial. Pengajuan bantuan sosial ini dapat dibuktikan bahwa yang menjalankan usaha tersebut bukan berprofesi sebagai ASN, PNS, TNI/Polri dan Pegawai BUMN/BUMS. Tentunya golongan masyarakat ini bukan termasuk sebagai prioritas penerima bansos.

Bagaimana Cara Cek Bantuan Sosial BRI?

Setelah memenuhi beberapa syarat diatas, selanjutnya yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara cek bantuan BRI? Apabila Anda masih belum paham mengenai bagaimana cara cek bantuan BRI, Anda dapat menyimak pemaparan seputar cara dan penjelasannya dibawah ini.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Politeknik Negeri Samarinda (POLNES)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Mengakses Eform.bri.co.id

Langkah pertama untuk mengecek bansos yaitu, Abda harus memastikan terlebih dahulu bahwa Anda terdaftar sebagai nasabah Bank BRI. Kemudian akses eform.bri.co.id pada browser HP Anda. Setelah itu pilih BPUM dan klik Cek Data BPUM, masukkan Nomor Induk Keluarga yang tercantum pada KTP.

Jika sudah proses tersebut telah dilakukan, selanjutnya yaitu Anda bisa masukkan kode verifikasi (captcha) yang tersedia. Proses selanjutnya, klik menu inquiry pada bagian bawah. Tunggu beberapa saat, data yang Anda masukkan sedang di proses lebih lanjut secara otomatis oleh admin yang bertugas.

Muncul Nama Nasabah

Proses pengecekan selanjutnya yaitu mengenai nama nasabah. Nomor Induk Keluarga yang telah dimasukkan secara otomatis akan memunculkan nama nasabah BRI selaku penerima bantuan sosial. Sebaliknya, jika nama bansos nasabah BRI tersebut tidak muncul, maka usaha yang dimiliki tidak termasuk dalam bansos nasabah BRI ini.

Selanjutnya, pihak Bank BRI akan menghubungi para penerima bantuan sosial melalui pesan singkat. Pihak Bank BRI juga akan mengirimkan pesan singkat yang berisi kapan Anda dapat melakukan pencairan bansos UMKM senilai 2,4 juta rupiah ini. Adapun pencairan bansos ini dilakukan di Bank BRI terdekat.

Demikian info mengenai bansos nasabah BRI. Sekedar info tambahan, bansos ini dilaksanakan kembali pada bulan Maret 2021. Apabila Anda memenuhi syarat yang telah ditentukan dan belum pernah mendapatkan bansos ini, lakukan pengecekan. Jangan lupa untuk menggunakan dana bansos tersebut dengan bijak dan hati-hati. Semoga bermanfaat.

About Admin

Check Also

4 Cara Mendapatkan Beasiswa Kaist S2 Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

jejakblog – Beasiswa Kaist S2 adalah incaran para mahasiswa, bahkan sejak masih di tingkat Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *