Sudah Tahu Mengenai Bansos Bank BRI? Simak Penjelasannya!

jejakblog – Pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan berbagai program bantuan sosial untuk menunjang perekonomian masyarakat Indonesia, terutama masyarakat yang memiliki taraf ekonomi rendah. Mulai dari bantuan sosial non-tunai, hingga berupa uang tunai. Tak lupa pula pemerintah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung program-programnya.

Salah satunya yaitu kerjasama dengan bank Himpunan Milik Negara (Himbara). Apakah Anda pernah mendengar bansos Bank BRI? Bank BRI merupakan salah satu bank yang masuk dalam daftar bank Himpunan Milik Negara. Lalu apa saja persyaratan mendapatkan bantuan sosial dari Bank BRI? Simak penjelasan berikut.

Bansos Bank BRI

Siapa Yang Berhak Menerima?

Sebelum melangkah lebih lanjut untuk mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi ketika akan daftar bansos BRI, ada baiknya Anda mengetahui siapa yang berhak menerima bansos Bank BRI.

Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menyatakan bahwa bansos Bank BRI akan diberikan kepada pelaku usaha mikro yang belum pernah mendapatkan sebelumnya. Dirinya menegaskan bahwa, siapapun dapat daftar bansos BRI. Asalkan memiliki usaha mikro yang masih berjalan hingga saat ini.

Apa Saja Syarat Lengkap Untuk Mendapatkan Bansos dari BRI?

Walaupun siapapun bisa mendapatkan bansos dari Bank BRI, namun ada beberapa syarat utama yang harus dilakukan oleh pengusaha mikro agar terdaftar dalam bantuan sosial tersebut. Syarat yang harus dipenuhi oleh pengusaha mikro agar mendapatkan bantuan  sosial Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), antara lain:

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Menunjukkan Dokumen

Syarat utama yang harus dipenuhi oleh pengusaha mikro yaitu, sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Hal ini dapat ditunjukkan melalui Nomor Induk Keluarga (NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Jangan lupa mencantumkan bidang usaha yang Anda miliki.

Surat usulan yang diminta dari RT/RW, dan Kantor Kelurahan/Kantor Desa setempat juga perlu dibawa. Karena pendaftaran bansos UMKM ini bersifat offline, maka dokumen-dokumen tersebut kemudian diserahkan kepada Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah untuk diproses lebih lanjut.

Tidak Melakukan Kredit Modal

Apakah Anda menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)? atau Anda menerima bantuan modal untuk usaha dari pihak Bank? Jika iya, maka Anda tidak bisa mengajukan bantuan sosial UMKM ini. Karena persyaratan ketiga yaitu Anda terbebas dari bantuan kredit modal.

Tentunya persyaratan ini dilakukan agar bantuan UMKM tersalurkan kepada pengelola usaha yang membutuhkan. Apabila Anda menerima bantuan modal dari pihak Bank, tandanya usaha yang Anda miliki dinilai bisa berkembang dengan baik.

Bagaimana Cara Cek Bansos BRI?

Seperti kita ketahui sebelumnya, bahwa pemerintah bekerjasama dengan bank yang termasuk dalam Himpunan Milik Negara (Himbara), salah satunya Bank BRI. Dibawah ini akan dijelaskan secara rinci bagaimana cara cek bantuan sosial BRI:

Baca Juga:  Akses eform.bri.co.id Bansos, Segera Cek Daftar Penerima BPUM

Akses Eform.bri.co.id/bpum

Yang pertama yaitu Anda harus mengakses Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) pada laman BRI. Adapun link laman tersebut yaitu eform.bri.co.id. Setelah itu, masukkan nomor NIK yang ada pada KTP maupun Kartu Keluarga  Anda. Kemudian masukkan kode verifikasi yang tertera pada laman tersebut.

Setelah mengisi nomor Nomor Induk Keluarga (NIK) dan kode verifikasi, klik inquiry yang terletak di bawah kode verifikasi. Tunggu beberapa saat untuk proses selanjutnya.

Muncul Pemberitahuan

Setelah melakukan proses diatas, muncul pemberitahua berhak dinyatakan sebagai penerima bansos Bank BRI  atau tidak. Apabila nama Anda muncul, artinya Anda dinilai berhak mendapatkan bansos Bank BRI.

Sebaliknya, apabila nama Anda tidak muncul, jangan berkecil hati terlebih dahulu. Karena pemerintah sudah menyiapkan banyak program untuk membantu dalam menunjang perekonomian masyarakat, terutama pada saat pandemi covid-19. Anda bisa mencoba program lain yang ditawarkan oleh pemerintah.

Bagaimana Cara Mencairkan Bansos BRI?

Setelah mengetahui cara cek bansos BRI, maka selanjutnya yang perlu Anda ketahui yaitu bagaimana cara mencairkan dana bantuan sosial dari Bank BRI yang bekerjasama dengan aparat pemerintah. Adapun cara pencairan bansos Bank BRI, yaitu:

Mendapat Pemberitahuan

Apabila Anda dinyatakan sebagai penerima bantuan sosial, Anda akan mendapatkan pemberitahuan jadwal pencairan berupa pesan singkat yang dikirim oleh pihak Bank BRI. Jika Anda masih ragu apakah pesan singkat itu dikirim oleh pihak Bank BRI atau tidak, Anda bisa melakukan konfirmasi dengan pihak Bank BRI.

Baca Juga:  Info Bansos Hari Ini, Berita Tersangka Korupsi Bantuan Sosial Covid 19

Caranya, datangi Bank BRI yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Kemudian tunjukkan isi pesan singkat yang telah Anda terima sebelumnya. Pihak Bank BRI otomatis akan melakukan pengecekan. Setelah itu, pihak Bank BRI akan mengonfirmasi jadwal Anda untuk melakukan pencairan dana bansos Bank BRI.

Bawa Dokumen

Sembari menunggu jadwal pencairan, Anda dapat menyiapkan beberapa dokumen yang harus diserahkan pada pihak Bank BRI setempat. Dokumen yang dimaksud ialah buku tabungan BRI, kartu ATM BRI, dan KTP. Tidak lupa mengisi Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) atau Surat Kuasa yang dapat diisi di Bank BRI.

Apabila Anda belum memiliki rekening di Bank BRI, disarankan untuk membuka rekening terlebih dahulu. Lebih aman lagi, Anda membuka rekening jauh-jauh hari sebelum jadwal pencairan. Hal ini dilakukan agar Anda tidak kebingungan ketika mengurus dan menyiapkan berkas-berkas yang diminta.

Itulah beberapa penjelasan mengenai syarat dan cara mencairkan bansos Bank BRI. Apabila Anda berminat dan memenuhi syarat-syarat yang telah disebutkan, silahkan melakukan pendaftaran seperti alur yang telah dijelaskan. Apabila Anda menerima dana bansos ini, pergunakanlah dengan bijak demi memajukan usaha Anda. Semoga bermanfaat.

 

About Admin

Check Also

Beasiswa S1 hukum di Indonesia

Ingin Mendapat Beasiswa S1 Hukum di Indonesia, 6 Syarat Ini Harus Dipenuhi

jejakblog – Beasiswa S1 hukum di Indonesia memberikan kesempatan yang terbuka lebar bagi calon mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *