Pengertian Bank Online Beserta Keunggulannya dan Manfaatnya

jejakblog – Bank online hadir seiring berkembangnya teknologi. Di era sekarang, teknologi terus meningkat dan menghadirkan kemudahan-kemudahan baru bagi penggunanya. Salah satunya ialah tempat penyimpanan uang ini. Selain ingin memudahkan, dampak pandemi semakin mempergencar kuasa teknologi. 

Mengingat adanya himbauan di rumah saja, beberapa aplikasi akhirnya dihadirkan untuk membantu berjalannya aktivitas. Sebelumnya memang sudah tersedia akses bank secara online, tetapi kali ini berbeda. Dengan bank digital, segala urusan mulai dari membuka rekening, akses, transfer, dan lainnya dilakukan secara online

bank online

Apa Itu Bank Online?

Bank online ialah layanan perbankan elektronik yang dibuat untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan nasabah. Tujuannya untuk melayani nasabah dengan lebih mudah, cepat, dan nyaman. Nasabah bisa melakukannya sendiri, tetapi tetap harus memperhatikan keamanannya. 

Bank ini seluruh layanannya bermigrasi ke basis online. Dengan kemudahan tersebut, nasabah bisa dengan mudah mengelola keuangan tanpa harus pergi ke bank. Oleh karena itu, tidak heran jika penggunanya semakin meningkat setiap bulannya. Apalagi di krisis pandemi seperti saat ini, maka bank digital menjadi pilihan terbaru. 

Baca Juga:  4 Poin Cara Daftar Bibit dan Fitur-Fiturnya Dengan Aman

Pada tahun 2021, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa sudah ada 5 bank online legal. Selanjutnya, ada beberapa aplikasi bank lainnya yang akan mendaftar juga. Sudah bisa dibayangkan, dengan banyaknya bank digital, maka bank konvensional tidak menarik lagi. 

Keunggulan Menggunakan Bank Online

Tidak cukup jika hanya mengetahui seputar pengertiannya, sebaiknya kenali dulu apa saja kelebihannya. Dengan begitu, kemungkinan bisa tertarik juga untuk menjadi nasabahnya. Selain dapat menghemat waktu dan biaya, berikut kelebihan lainnya  pada bank digital. 

Nasabah Mendapatkan Layanan Inklusif

Bank digital ini akan memberikan kepada nasabah layanan secara inklusif atau menyeluruh. Jadi, jangkauannya lebih luas dan biaya operasionalnya lebih murah. Hak itu karena bank ini tidak membuka cabang atau memperkerjakan staf baru. Dengan begitu, nasabah bisa mengaksesnya kapan saja tanpa perlu repot-repot mencari lokasi bank. 

Sebagian orang terkadang tidak memakai jasa bank konvensional sama sekali, karena jangkauannya jauh. Pada akhirnya, harus menyimpan uangnya sendiri dan keamanannya tentu tidak mendukung. Namun, sekarang sudah terbantu dengan hadirnya bank online Indonesia yang bisa diakses dengan mudah. Asalkan terhubung dengan jaringan internet. 

Baca Juga:  7 Bank Online yang Terdaftar OJK, Dijamin Aman

Ramah Lingkungan

Pastinya heran, bukan, kenapa dikaitkan dengan lingkungan? Pikirkan saja ketika nasabah pergi ke bank cabang untuk melakukan transaksi. Tentu akan diminta untuk mengisi formulir atau berkas semacamnya. Setelah transaksi berhasil, juga akan ada yang namanya struk bukti transaksi. 

Dari kertas-kertas itulah yang menyebabkan kurang ramah lingkungan. Akan ada banyak kertas menumpuk setiap harinya. Sedangkan, jika nasabah memakai bank digital, maka bukti transaksi cukup disimpan dalam file. Selain itu, lebih mudah mencarinya, jika seandainya dibutuhkan kembali. 

Beroperasi 24 Jam

Bank digital tidak terikat dengan jam kerja, karena itulah bisa beroperasi selama 24 jam. Jadi, kapan pun nasabah membutuhkannya, maka tinggal masuk ke akun bank melalui ponsel. Dengan bank online 24 jam, transaksi akan berjalan lebih cepat dan mudah. 

Baca Juga:  Ingin Membuka Akun Bank Online, Ini Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan

Selain itu, nasabah tidak perlu menunggu jam buka dan mengantri sepanjang hari. Pada bank konvensional, tentu akan ada banyak antrian. Sebab, setiap orang memiliki kebutuhan berbeda dan waktu prosesnya tidak sama. Berlama-lama di bank akan membuang waktu lainnya menjadi terbuang. 

Jika tertarik untuk menggunakan bank online, maka tinggal memilih aplikasi yang terbaik versi masing-masing. Sebab, pada setiap aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Maka dari itu, cari tahu terlebih dahulu tentang ulasan lengkap dari aplikasi bank tersebut. 

Memang mudah membuka rekening bank secara online tapi Anda harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum memulainya. Tanyakan kepada teman-teman atau saudara Anda tentang bank mana yang mempunyai kredibilitas tinggi dan komitmen baik terhadap nasabahnya.

Pastikan pula bahwa bank tersebut terdaftar dalam OJK agar Anda mendapatkan jaminan ketika terjadi masalah dikemudian hari. Selain itu, Anda pun harus memastikan tingkat keamanan aplikasi tersebut di ponsel Anda. Sebab, sekarang banyak orang yang melakukan tindak kejahatan ciber yang bisa membobol aplikasi bank online.

About Admin

Check Also

daftar rekening online BRI

Simak Yuk Cara Daftar Rekening Online BRI Ini, Mudah Kok!

jejakblog – Untuk memfasilitasi calon nasabah yang tidak memiliki banyak waktu ketika membuka rekening, maka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *