Catat, 8 Aplikasi Wajib Laptop Windows 7 yang Sangat Berguna

jejakblog – Aplikasi wajib laptop windows 7 berikut ini akan sangat bermanfaat, baik untuk saat ini ataupun kemudian hari. Sebab, dunia IT memang sangat luas dan mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Ada banyak sekali aplikasi yang bertebaran, baik di Google maupun Playstore.

Meski demikian, tidak semua aplikasi aman dan dapat memberikan manfaat yang optimal. Beberapa di antaranya berjalan dengan tidak optimal, hingga kemungkinan ada terselip virus bawaan. Oleh karena itu, cari referensi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk instalasi sebuah software.

Aplikasi wajib laptop windows 7

Daftar Aplikasi Wajib Laptop Windows 7

Software adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang berkemampuan untuk menjalankan sebuah program. Namun, program tersebut didesain secara khusus dan berisikan informasi yang sudah dikodekan. Tanpa adanya software, laptop tidak akan terasa sempurna. Oleh karena itu, perhatikan aplikasi wajib laptop windows 7 berikut ini:

1. Aplikasi Internet Browser

Internet browser atau yang biasa disebut peramban internet, yaitu sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menjelajah dunia menggunakan jaringan internet. Namun, pastikan penjelajahan tersebut ditemani dengan aplikasi yang tak hanya cepat, tapi juga aman.

Ada beberapa aplikasi wajib laptop windows 7 untuk melakukan penjelajahan dunia maya yang direkomendasikan. Mulai Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera Mini, hingga UC Browser. Tinggal pilih saja sesuai kebutuhan dan kenyamanan, tetapi pastikan mengunduhnya melalui sumber terpercaya.

2. Office Suite

Adapun yang dimaksud dengan Office Suite, yaitu sebuah aplikasi wajib laptop versi windows 7 yang berfungsi seperti lembar kerja. Pemanfaatannya sendiri diperlukan untuk keperluan sekolah, kuliah, perkantoran, serta beragam bisnis lainnya. Salah satu contoh Office Suite yang paling populer adalah Microsoft Office.

Baca Juga:  Kenali Apa Itu Phising Dan Bagaimana Menghindarinya

Aplikasi kerja besutan Windows ini tak hanya memiliki kinerja yang optimal, tetapi juga dibekali dengan beragam fitur unggulan. Contoh: Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Power Point, dan lain-lain. Untuk penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Perlu diketahui, jika aplikasi wajib laptop windows 7 yang satu ini terpisah dari Windows Operating System. Oleh karena itu, pemilik laptop harus melakukan penginstalan secara mandiri. Selain Microsoft Office, ada juga aplikasi serupa yang dapat diunduh, seperti OpenOffice dan LibreOffice.

3. File Manager

File manager merupakan sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pengarsipan dan kompresi file. Salah satu aplikasi File Manager yang paling banyak digunakan, yaitu WinRAR. Ada yang merasa sudah tidak asing lagi dengan nama aplikasi yang satu ini?

Ya, berkat keandalan yang dimilikinya, WinRAR menjadi salah satu aplikasi file manager wajib laptop windows 7 yang sangat populer. WinRaR adalah aplikasi besutan Eugene Roshal yang sudah dirilis secara stabil sejak tahun 2017 silam. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki WinRAR:

  1. Dapat mengompres folder atau file menjadi bentuk ZIP atau RAR.
  2. Dapat dilengkapi dengan password, sehingga soal keamanan tetap utama.
  3. Dapat digunakan untuk membuat semacam Setup Instalasi.
  4. File master berukuran kecil, sehingga mudah dibawa.
  5. Dapat mengarsipkan data dengan lebih padat dan aman.
  6. Mampu mengekstrak beragam format file.

4. Software PDF

Portable Document Format atau PDF, yaitu suatu jenis format dokumen yang digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen dalam bentuk digital. Namun, PDF juga sering dimanfaatkan untuk presentasi dokumen dalam 2 dimensi yang terdiri dari teks, huruf, citra, maupun grafik vector.

Aplikasi PDF tersedia dalam beberapa pilihan, baik berbayar, open source, atau bahkan gratisan. Semua boleh dicoba, asalkan aplikasi wajib laptop windows 7 tersebut diunduh dari sumber terpercaya. Salah satu software PDF yang cukup terkenal, yaitu Adobe Acrobat Reader.

Baca Juga:  6 Aplikasi Pemutar Musik Offline Tanpa Wifi atau Data

Aplikasi yang lebih dikenal dengan Acrobat Reader ini berfungsi sebagai pembuat, pembuka, pembaca, dan pengaman file PDF. Dapat dikatakan, jika Adobe System ini menjadi salah satu pelopor dokumen dalam format PDF. Tidak heran, jika file PDF seringkali diidentikkan dengan Adobe Reader.

Banyak fungsi dalam satu aplikasi, kenapa tidak? Namun, masih ada aplikasi PDF wajib laptop windows 7 yang lain, seperti Nitro PDF, Sumatra PDF, ataupun Foxit PDF. Foxit juga cukup direkomendasikan, karena memiliki fitur yang hampir serupa dengan Adobe Reader.

5. Software Antivirus

Aplikasi wajib laptop windows 7 yang tidak kalah penting, yaitu software antivirus. Sesuai dengan namanya, software yang satu ini berfungsi untuk memberikan proteksi terhadap laptop. Kinerjanya yaitu dengan mendeteksi keberadaan virus, lalu menghapusnya dari laptop.

Tak hanya itu, antivirus juga dapat melakukan pencegahan terhadap segala bentuk virus, seperti worms, spyware, malware, maupun trojan. Dengan demikian, laptop beserta ‘dalamannya’ dalam kondisi aman dan berumur lebih panjang. Terlepas dari kualitas, biasanya laptop sudah dibekali dengan antivirus bawaan.

Jika mau mendapatkan antivirus yang lebih bagus, maka pengguna dapat mengunduhnya melalui Playstore. Perlu menjadi catatan, jangan pernah menggunakan dua jenis utama secara bersamaan. Sebab, hal ini dapat memicu konflik hingga laptop hang atau error.

6. Video Player

Video Player menjadi salah satu aplikasi wajib laptop windows 7, karena kegunaannya untuk memutar file berupa gambar bergerak lengkap dengan audio. Windows sendiri sebenarnya sudah membekali laptop dengan video player atau yang biasa dikenal dengan ‘Windows Media Player’.

Namun, bagi penggemar video mungkin merasa kurang mantap dengan kualitas standar ini. Oleh karena itu, pengguna dapat mengunduh aplikasi video player tambahan yang mendukung pembukaan video dalam berbagai format. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan, yaitu K-Lite Codec Pack.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy S10 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Hal ini berkat kemampuannya dalam mendukung pemutaran video dan audio dalam berbagai format. Perlu diketahui, tidak semua aplikasi pemutar video didukung dengan kemampuan membaca format suara atau codec. Akibatnya, video tidak dilengkapi dengan suara atau bahkan tidak dapat diputar.

7. Cleaner

Pernah menghadapi laptop yang kinerjanya tiba-tiba lambat atau? Di sinilah peran penting adanya aplikasi wajib laptop windows 7 berupa Cleaner. Sesuai dengan namanya, aplikasi cleaner berfungsi untuk membersihkan laptop dari segala macam bentuk sampah.

Ya, segala macam aktivitas pada laptop akan meninggalkan sampah, seperti riwayat browser, double file, cache, riwayat download, dan lain-lain. Jika tidak dibersihkan, maka sampah tersebut akan menumpuk dan membuat komputer menjadi lemot. Ada banyak sekali aplikasi cleaner, salah satunya yaitu CC Cleaner.

Aplikasi keluaran Piriform ini menjadi salah satu pembersih sampah yang cukup tenar, karena kemampuannya untuk ‘bersih-bersih’. Untuk menambah kemudahan pengguna, CC Cleaner juga dilengkapi dengan kemampuan bekerja secara otomatis. Cukup atur waktunya, maka CC Cleaner siap melaksanakan tugas.

8. Downloader

Ada kalanya seorang pengguna laptop memerlukan file yang harus diunduh dari tempat tertentu. Untuk melancarkan kebutuhan ini, maka pengguna harus memiliki aplikasi wajib laptop windows 7 seperti Internet Download Manager. Aplikasi yang satu ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh berbagai macam file secara cepat dan mudah.

Demikian 8 aplikasi wajib laptop windows 7 yang dapat dijadikan sebagai referensi. Anda boleh saja mengunduh aplikasi lain yang masih serupa, tetapi pastikan bahwa sumber dan aplikasi tersebut aman. Lihat review dari pengguna sebelumnya terlebih dahulu, sebelum memutuskan instalasi.

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *