Deretan Aplikasi untuk Merekam Layar PC, Youtuber Harus Tahu!

jejakblog – Aplikasi untuk merekam layar PC (screen recorder) adalah software untuk merekam video call, tutorial, conference, gaming, hingga live streaming. Merekam layar sangat berguna bila Anda membutuhkan langkah-langkah memecahkan masalah yang ditampilkan pada sebuah video atau presentasi. Adanya aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk memahami dan mengikuti langkah-langkah tersebut.

Telah banyak aplikasi tak berbayar yang disediakan untuk kemudahan Anda. Tinggal download aplikasi perekam layar pc gratis, maka Anda sudah bisa mulai menggunakannya. Beberapa pengembang aplikasi malah sudah merancang software untuk mengedit video yang bisa dipakai bebarengan dengan fitur perekamnya. Berikut adalah beberapa aplikasi perekam layar pc yang bisa dipilih.

aplikasi untuk merekam layar PC

Inilah Aplikasi untuk Merekam Layar PC yang Sering Digunakan

Aplikasi perekam layar PC biasanya dibutuhkan oleh YouTuber gaming untuk merekam gim yang sedang dimainkan. Aplikasi ini juga dapat digunakan saat melakukan live streaming. Dari sekian banyak aplikasi yang tersedia tentunya memiliki fitur yang tidak serupa disertai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah daftar aplikasi untuk merekam layar PC yang sering digunakan.

  • Bandicam Screen Recorder

Bandicam adalah aplikasi untuk merekam layar PC yang paling populer digunakan untuk merekam dalam framerate dan bitrate yang tinggi. Meski hanya bisa digunakan untuk perangkat Windows, namun aplikasi ini digemari karena video yang dihasilkan berkualitas tinggi hingga 4K UltraHD. Rekaman hasil video ini akan disimpan dalam format AVI atau MP4 atau dalam file gambar diam.

Bandicam Screen Recorder memiliki banyak fitur yang menonjol dibandingkan aplikasi perekaman layar PC yang lain. Aplikasi ini mampu merekam keseluruhan layar laptop, atau memilih dan merekam area tertentu. Menggunakan Bandicam, Anda dapat menggambar di video saat sedang direkam serta menambahkan overlay webcam. Atas kelebihannya, banyak sekali yang merekomendasikan aplikasi ini.

Baca Juga:  5 Penyebab Aplikasi Terhenti dan Cara Ampuh untuk Mengatasinya

Overlay webcam memungkinkan Anda untuk dapat merekam diri sendiri saat layar sedang direkam. Fitur lain dari aplikasi untuk merekam layar PC Bandicam memberikan kemudahan untuk mengisi suara Anda sendiri ke dalam rekaman layar. Saat proses perekaman video berlangsung, Anda bisa menambahkan logo atau animasi lain. Bandicam juga dapat merekam aktivitas gamer saat memainkan gim.

Bandicam memiliki fitur kompresi yang berguna untuk mengecilkan ukuran file hasil rekaman. Jangan kuatir karena kualitasnya tetap tinggi. Bila memutuskan ingin menggunakan aplikasi ini langsung saja download bandicam screen recorder di PC Anda. Bandicam menawarkan dua versi yang bisa dipilih, registered dan unregistered.

Versi registered tentu saja memiliki fitur yang lebih komplit dibandingkan yang unregistered. Namun jika Anda memutuskan menggunakan aplikasi untuk merekam layar PC yang unregistered juga tidak masalah. Kekurangannya adalah adanya watermark yang akan menempel di hasil rekaman dan waktu perekaman file yang terbatas. Sayangnya aplikasi ini belum menyediakan fitur live streaming.

  • CamStudio

Camstudio merupakan aplikasi perekaman layar PC yang bersifat open source. Artinya adalah aplikasi ini dapat merekam semua bagian layar dan audio pada komputer Anda. Hasil rekaman video akan disimpan dalam bentuk AVI dan SWF. Aplikasi ini populer dan memiliki banyak peminat karena bisa diunduh dengan mudah dan gratis serta memiliki fitur yang cukup lengkap.

Aplikasi untuk merekam layar PC CamStudio memiliki beberapa fitur menarik seperti menambah caption berkualitas tinggi. Anda juga dapat dengan mudah mengganti format video dari AVI ke SWF. Kemudahan ini sangat berguna untuk melengkapi kebutuhan sebuah situs web. CamStudio juga mampu merekam gambar per gambar dalam satu perekaman.

  • Open Broadcaster Software (OBS Studio)

Open Broadcaster Software (OBS Studio) disebut-sebut sebagai aplikasi perekam layar pc tanpa watermark yang terbaik. Sama halnya dengan CamStudio, aplikasi ini bersifat open source. OBS Studio bersifat multi-platform sehingga bisa digunakan oleh sistem operasi manapun seperti Linux, Windows, dan OSX. Anda bisa memiliki aplikasi ini dengan mengunduhnya secara gratis.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra 5G : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Aplikasi untuk merekam layar PC OBS Studio mendukung live streaming dan broadcast ke situs online seperti YouTube dan Twitch. Format video hasil rekaman OBS Studio adalah FLV dan MP4 dengan kualitas HD.  Aplikasi OBS Studio memiliki tampilan yang sederhana sehingga menjadi favorit para streamers. OBS Studio memiliki banyak pilihan filter video serta fitur-fitur lain yang lengkap dan mutakhir.

Anda bisa merekam desktop, melakukan perekaman suara melalui internal dan eksternal mikropon, ataupun merekam lewat kamera web. Aplikasi untuk merekam layar PC OBS Studio menyediakan auto mixer untuk mengatur suara-suara yang ada pada video. Aplikasi ini tidak memiliki fitur anotasi karena bukan merupakan aplikasi perekaman yang disimpan untuk lalu diunggah kembali. ””

  • TinyTake

TinyTake adalah aplikasi perekaman layar yang dikembangkan oleh MangoApps dan digadang-gadang sebagai aplikasi yang sangat ringan, hanya sekitar 50MB saja! Tampilan antarmukanya mirip dengan aplikasi Microsoft Office sehingga membuatnya sangat mudah dipelajari. Saking mudahnya, Anda bisa melakukan perekaman hanya dengan satu kali klik saja.

Aplikasi untuk merekam layar PC TinyTake memiliki fitur yang lengkap, dan yang paling favorit adalah Anda bisa mengunduhnya secara gratis. TinyTake memiliki fitur perekaman area tertentu jika Anda tidak ingin merekam seluruh area layar. Tersedia juga fitur anotasi untuk membuat text box, line, dan arrow. Anda juga dapat merekam layar sekaligus menggunakan kamera web dan melakukan zoom in/out.

Kelebihan lainnya adalah, Anda dapat langsung menyimpan hasil perekaman ke penyimpanan cloud dan mengunggahnya ke situs online seperti YouTube. sayangnya untuk versi gratis hanya bisa merekam layar selama 5 menit saja. apabila Anda ingin merekam lebih lama, silahkan gunakan versi berbayarnya. Maka Anda bisa melakukan screenshoot atau perekaman hingga durasi 2 jam.

Baca Juga:  Simak, Cara Hapus Aplikasi Bawaan Agar Memori Tidak Penuh

Meski hanya memberikan durasi 5 menit pada versi gratisnya, TinyTake menyediakan hasil rekaman tanpa watermark. Hal ini akan membuat kualitas hasil perekaman akan lebih baik dan video yang dihasilkan juga memberikan resolusi gambar yang tinggi. Atas segala kelebihannya, maka tidak perlu ragu untuk menjadikan TinyTake sebagai aplikasi perekaman layar PC Anda.

  • Action!

Hanya mendengar namanya saja, Anda sudah pasti membayangkan fitur yang menarik dari aplikasi ini. Action! dapat digunakan untuk live streaming dengan hasil rekaman beresolusi HD hingga 1080p. Aplikasi ini memiliki fitur pengambilan gambar secara cepat sehingga sangat cocok untuk perekaman video game dan tutorial.

File rekaman video akan tersimpan dalam format MP4 dan AVI dan bisa diedit menggunakan aplikasi editing video seperti Adobe. Aplikasi ini menawarkan kualitas suara hasil perekaman yang sempurna dan memiliki fitur untuk menambahkan screenshoot layar. Sayangnya aplikasi Action! belum tersedia untuk pengguna komputer berbasis OSX dan Linux.

  • Share X

Share X adalah aplikasi perekaman layar PC yang ringan dan bersifat open source. Menggunakan Share X, Anda dapat merekam seluruh bagian layar maupun hanya sebagian layar saja. Anda juga tidak akan direpotkan dengan adanya iklan dan watermark saat menggunakan aplikasi ini, bahkan bisa menambahkan fitur gambar. Sayangnya Share X hanya tersedia dalam Windows 7,8, dan 10.

Demikianlah beberapa aplikasi untuk merekam layar PC yang bisa dijelaskan dalam artikel ini. Silahkan pilih aplikasi yang menurut Anda mudah dan tidak berat untuk perangkat Anda. Gunakan saja mode gratis jika Anda pemula dan ingin coba-coba meski tidak ada salahnya menggunakan mode berbayar.

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *