Mengenal Aplikasi Jaga Bansos Guna Laporan Penyelewengan

JejakBlog – Aplikasi Jaga Bansos ini sangat ramai ketika diluncurkan di Indonesia. KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi ini mempunyai fitur-fitur canggih di dalam aplikasi Jaga Bansos yang sangat menarik untuk dibahas. Pada penjelasan dibawah ini nantinya akan dijelaskan kepada Anda mengenai aplikasi ini serta fitur dan fungsi didalamnya.

Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pemerintah dalam menangani hal-hal negatif yang kemungkinan akan terjadi dalam hal keuangan di Indonesia. Oleh karena itu, untuk penjelasan lebih lengkap mengenai Jaga Bansos aplikasi, maka perhatikan uraian di bawah ini!

aplikasi jaga bansos

Mengenal Aplikasi Jaga Bansos

Pembahasan yang pertama yaitu Anda harus mengetahui apa sebenarnya aplikasi Jaga Bansos itu. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis melalui Android maupun IOS dengan mengetikkan nama “Jaga Bansos”. Aplikasi ini diluncurkan sekitar tanggal 5 Juni 2020 di mana dalam waktu saat ini KPK sudah mendapatkan 118 keluhan mengenai penyaluran bantuan sosial atau Bansos yang diterima dari masyarakat.

KPK meluncurkan aplikasi ini digunakan untuk menampung keluhan-keluhan masyarakat mengenai penyimpangan dan juga penyalahgunaan Bansos di lapangan masyarakat. Sehingga, masyarakat dapat lebih mudah untuk berinteraksi dengan pemerintah mengenai dana bantuan sosial yang diterimanya.

Baca Juga:  Bansos UMKM Kapan Cair? Catat Jadwalnya pada 2021

Mengapa Aplikasi Jaga Bansos Diluncurkan?

Aplikasi Jaga Bansos ini diluncurkan untuk mendapatkan beberapa tujuan di dalamnya. Mungkin penjelasan diatas sudah mewakili tujuan besar adanya aplikasi ini. Akan tetapi, Anda harus mengetahui empat titik kerawanan yang dilihat oleh KPK dalam hal penyaluran bantuan sosial

Rawan Fiktif

Alasan yang pertama KPK membuat aplikasi Jaga Bansos ini adalah karena penerima bantuan bersifat fiktif. Ini dimaksudkan ketika penerima dana Bansos itu sudah mendapatkan bantuan sosial akan tetapi ternyata orang tersebut sudah meninggal dunia.

Di sisi lain, ada juga kasus bahwa penerima bantuan ini ternyata sudah pindah dan dia adalah seorang perantau. Oleh karena itulah aplikasi ini bisa benar-benar memastikan apakah penerima bantuan sosial ini benar-benar ada atau hanya fiktif.

Rawan Exclusion Error

Untuk kerawanan yang kedua adalah mengenai explosion error. Apakah Anda pernah mendengar kerawanan bantuan sosial explosion error? Ini terjadi ketika seseorang tidak berhak menerima dana bantuan sosial akan tetapi mereka masuk ke dalam database sebagai penerima bantuan sosial.

Dari sini bisa dikatakan bahwa penerima bantuan sosial tidak sesuai dengan sasaran atau target pemerintah. Oleh karena itulah aplikasi ini dibuat untuk memastikan apakah penerima benar-benar pantas dan juga tepat dalam hal penerimaan Bansos atau tidak.

Rawan Inclusion Error

Kasus ini ini merupakan lawan dari kerawanan penjelasan sebelumnya. Adapun inclusion error ini dimaksudkan karena ke error an yang terjadi pada orang-orang yang sebenarnya berhak menerima bantuan sosial akan tetapi tidak terdaftar di dalam database. Oleh karena itu, menggunakan aplikasi Jaga Bansos ini akan memudahkan seseorang dalam hal pelacakan database sebagai bentuk penerima bantuan sosial dari pemerintah dengan tujuan meringankan untuk hidup dalam masalah ekonomi.

Baca Juga:  Begini Cara Cek Bansos UMKM Dengan Mudah 2021

Rawan Kuantitas dan Kualitas

Kuantitas dan kualitas pada bantuan sosial ini selayaknya disebarkan dalam jumlah yang pas dalam arti tidak kurang maupun tidak lebih. Biasanya. kerawanan dari kuantitas dan kualitas pada bantuan sosial ini bisa berubah berdasarkan dengan pihak-pihak atau oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, dengan aplikasi Jaga Bansos diharapkan bisa membantu KPK dalam hal melihat apakah kuantitas dan kualitas dari peluncuran bantuan sosial pemerintah sudah sesuai atau tidak.

Fitur-Fitur di Dalam Aplikasi Jaga Bansos

Juru bicara KPK yang bernama Maryati mengatakan bahwa fitur di dalam aplikasi jaga Bansos KPK ini disesuaikan dengan kebutuhan di masa seperti pandemi ini. Fitur ini sangat membantu pemerintah dan masyarakat untuk melihat perkembangan bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah. Berikut adalah fitur-fitur di dalam aplikasi jangka panjang yang harus diketahui:

Modul Jaga Bansos

Untuk fitur aplikasi jaga Bansos yang pertama yaitu mengenai anggaran covid-19 pada pemerintah daerah. Anda bisa melihat anggaran setiap pemerintah daerah pada bagian fitur modul jaga Bansos. Dari sini Anda bisa melihat dan memperkirakan apakah dana yang sudah tersalurkan kepada Anda sudah sesuai atau tidak.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Universitas Diponegoro (UNDIP)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Pemerintah membuat fitur ini untuk mengetahui dan memberikan informasi kepada seluruh masyarakat mengenai dana yang sudah diluncurkan untuk bantuan sosial.

Modul Jaga Anggaran

Fitur pada modul jaga anggaran yang kedua yaitu digunakan untuk perubahan APBD 2020 untuk penanganan covid 19. Seperti yang diketahui bahwa informasi mengenai perubahan APBD 2020 ini memang tergantung pada keputusan pemerintah. Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang baik jika Anda ingin mengetahui informasi yang yang benar-benar resmi maka bisa melihat pada fitur modul jaga anggaran pada aplikasi jaga Bansos ini.

Jaga Kesehatan

Fitur aplikasi Jaga Bansos juga menyediakan fitur jaga kesehatan. Modul ini digunakan untuk pengecekan kepesertaan jaminan kesehatan nasional atau yang biasanya disebut dengan JKN. Jika Anda adalah seseorang yang ingin melihat kepesertaan Anda dalam hal JKN, maka kunjungi modul jaga kesehatan untuk mengetahui informasi secara resmi dari pemerintah.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengenalan aplikasi Jaga Bansos, tujuan, serta fitur-fitur di dalamnya. Banyak sekali manfaat dan juga fungsi dari aplikasi ini guna penyaluran suara dari masyarakat kepada pemerintah. Dengan aplikasi ini pemerintah atau KPK lebih mudah dalam hal pemantauan penyaluran Bansos yang dilakukan oleh pemerintah ke pemerintah daerah.

Selain itu, masyarakat juga bisa melihat informasi yang sudah resmi di dalam aplikasi ini terkait dengan dana Bansos yang disalurkan oleh pemerintah.

About Admin

Check Also

Beasiswa S1 hukum di Indonesia

Ingin Mendapat Beasiswa S1 Hukum di Indonesia, 6 Syarat Ini Harus Dipenuhi

jejakblog – Beasiswa S1 hukum di Indonesia memberikan kesempatan yang terbuka lebar bagi calon mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *