3 Rekomendasi Aplikasi Backup Data PC Terbaik

jejakblog – Beberapa aplikasi backup data pc berikut ini akan sangat berguna bagi siapapun yang banyak menghabiskan waktu di depan monitor. Sebab, kondisi sebuah pc tidak dapat diprediksi seperti musim. Ada kalanya ia tiba-tiba error, tidak mau bekerja seperti biasa, atau bahkan mati.

Apalagi beberapa bulan terakhir ini, baik tugas sekolah, skripsi, maupun pekerjaan kantor dikerjakan dari rumah. Tentu file-file tersebut di simpan di dalam pc, bukan? Oleh karena itu, mengantisipasi dengan menghadirkan aplikasi backup data menjadi langkah paling tepat.

aplikasi backup data pc

Daftar Aplikasi Backup Data PC

Bakcup data tidak hanya menjadi penyelamat di saat-saat yang paling tepat. Apalagi saat ini sudah ada banyak aplikasi yang bertebaran, proses backup pun semudah menjentikkan jari. Berikut ini adalah beberapa aplikasi backup data pc yang paling direkomendasikan:

1. Cobian Backup

Cobian Backup adalah aplikasi backup data pc berbentuk software yang diperkenalkan pada tahun 2000 silam. Meski berupa aplikasi gratisan, proses pengamanan data pada Cobian Backup sangat mudah dan cepat, sehingga pemula pun dapat menggunakannya. Adapun cara penggunaan aplikasi ini, yaitu:

a. Instalasi

Aplikasi ini dapat diunduh melalui link yang tersebar di Google atau klik https://www.cobian.se/cobianbackup.htm. Setelah proses pengunduhan selesai, langsung instal saja software-nya. Pada proses ini, pengunduh akan diminta untuk mengisi Username beserta Password.

b. Pembukaan Aplikasi

Jika proses instalasi dinyatakan berhasil, maka aplikasi backup data pada pc ini akan muncul pada system tray di menu Taskbar. Untuk membukanya, cukup klik kanan pada ikon Cobian, lalu pilih Open. Tunggu beberapa saat sampai muncul interface awal aplikasi Cobian.

Baca Juga:  Begini Cara Backup Windows 7 Dengan Mudah!

c. Proses Backup

Jika interface awal sudah muncul, maka saatnya untuk memulai proses pengamanan data. Namun, proses pengamanan pada aplikasi backup data pc ini hanya dapat dilakukan dengan memilih file yang ingin disimpan secara manual. Berikut langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Klik tombol + (tambah) yang ada di bagian atas interface Cobian.
  • Setelah muncul notifikasi, masukkan judul backup-an data pada kolom ‘Task Name’. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses pencarian data saat dibutuhkan. Klik OK.
  • Setelah muncul new task, pilih Add yang terdapat di bawah kolom ‘Source’ untuk pemilihan file. Pilih Add lagi yang terdapat di bawah kolom ‘Destination’ untuk pemilihan tujuan hasil proses backup. Klik OK.
  • Setelah data yang diperlukan sudah dipilih, klik tombol Play untuk memulai proses pengamanan data. Saat sudah selesai akan muncul popup, apakah PC akan di-shutdown atau tidak. Klik OK untuk tidak langsung mematikan PC.

2. EaseUS Todo Backup Free

EaseUS Todo Backup adalah aplikasi backup data pc yang memungkinkan pengguna untuk mengamankan semua data yang ada di dalam komputer. Dengan demikian, pengguna akan memiliki cadangan data selain yang ada di dalam pc. Proses pengoperasiannya pun sangat mudah, tidak memerlukan keahlian khusus.

Selain itu, aplikasi EaseUS Todo backup data pc juga dibekali dengan berbagai fitur unggulan. Pertama, fitur backup untuk mengamankan semua data-data penting. Kedua, fitur clone untuk menghubungkan antara pc ke hardisk lain. Ketiga, fitur pengembalian data yang hilang dengan cepat. Sementara proses backup sendiri dapat dilakukan dengan cara:

a. Instalasi

Aplikasi backup data pc ini dapat diunduh di beberapa link yang ada di Google atau klik https://www.easeus.co.id/backup-software/todo-bakcup-free.html. Setelah selesai download, jalankan file installer-nya untuk memulai proses instalasi. Ada dua pilihan, yaitu Try Home Edition untuk mencoba aplikasi premium (berbayar) dan gratis. Klik Next untuk aplikasi yang gratisan.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy M10 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Saat muncul License Agreement, pilih Accept untuk melanjutkan. Setelah itu, ikuti panduan yang ada dengan pilih Next sampai muncul notifikasi yang menunjukkan proses instalasi. Tunggu proses tersebut selama beberapa saat, sampai muncul kata Finish. Aplikasi siap digunakan.

b. Proses Backup

Seperti yang sudah disinggung di atas, proses backup data pada aplikasi backup data pc yang satu ini sangatlah mudah. Cukup hanya beberapa langkah saja, semua data dan sistem aman tanpa terkecuali. Berikut langkah-langkah yang dapat diterapkan:

  • Bagi pengguna disk atau partition laptop, pengamanan data apa dilakukan dengan memilih option Disk Backup. Pilihlah data-data yang ingin diamankan dengan mengeklik secara langsung.
  • Setelah data selesai dipilih, tentukan letak atau tujuan penyimpanan file backup dengan mengeklik tombol Destination. Jangan lupa untuk menentukan tipe backup yang diinginkan.
  • Untuk memudahkan pencarian data, pengguna bisa mengubah nama file sesuai dengan keinginan pada kolom Plan Name. Jika semua proses sudah dilakukan, langsung pilih Proceed.
  1. FBackup

FBackup merupakan aplikasi gratis backup data pc yang dapat di-setting untuk mengamankan data secara otomatis. Cara pengoperasiannya yang sangat mudah inilah yang menjadikan FBackup cocok untuk penggunaan personal maupun komersial. Berikut adalah beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh FBackup:

  1. Dapat diinstal secara gratis melalui link di Google atau klik https://www.fbackup.com/download.html.
  2. Melakukan pengamanan dengan standar kompresi Zip lengkap dengan password, sehingga file dapat berukuran lebih besar.
  3. Melakukan backup secara langsung tanpa melalui kompresi.
  4. Dapat menambahkan fitur backup dengan tambahan plugins khusus.

Beberapa fitur tersebut yang membuat FBackup semakin populer dan menjadi salah satu aplikasi backup data pc yang direkomendasikan. Sudah siap untuk mencoba aplikasi yang satu ini? Jangan lupa, ikuti panduan berikut untuk melakukan pencadangan data:

  1. Buka aplikasi FBackup, lalu klik ikon New.
  2. Tentukan nama file dan lokasi penyimpanan hasil pencadangan. Klik Next.
  3. Pilih data, folder, sistem, atau apapun yang ingin dicadangkan. Klik Next. Jika sudah menginstal plugins tambahan, maka pengguna dapat memilih data dari daftar tersebut.
  4. Tunggu sampai muncul notifikasi pilihan untuk memberikan password atau tidak. Klik Next.
  5. Atur bagian waktu untuk melakukan pencadangan secara otomatis. Klik Save.
  6. Google Backup and Sync
Baca Juga:  Inilah 3 Cara Unlock iPhone, Sudah Tahu?

Rekomendasi aplikasi backup data pc yang terakhir yaitu Google Backup dan Sync untuk PC berbasis Windows dan Mac. Cara kerja aplikasi ini, yaitu dengan melakukan penyimpanan cadangan ke cloud atau Google drive. Berikut langkah-langkah untuk melakukan backup data:

  1. Unduh aplikasi Google Backup dan Sync melalui https://google-drive.id.softonic.com/download. Pilih Agree, lalu klik Download.
  2. Setelah terinstal, buka ikon aplikasi pada layar, pilih Get Started.
  3. Masukkan alamat email sesuai dengan akun Google Drive yang dimiliki. Klik Next.
  4. Tunggu sampai muncul notifikasi persetujuan akses, baca ketentuan tersebut secara saksama, lalu pilih Allow.
  5. Pilih Choose Folder untuk melakukan pemilihan folder atau data yang ingin disinkronkan dengan Google Drive. Klik Next.
  6. Pilih Start untuk memulai proses upload data dari PC.
  7. Setelah proses sinkronisasi selesai, klik kanan pada folder penyimpanan data CSV. Pilih Add to My Drive. Proses pencadangan dan sinkronisasi pun beres.

Demikian 4 aplikasi backup data pc yang sudah terbukti kinerjanya. Meski ada beberapa aplikasi yang dapat diatur otomatis, tetapi tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan. Tujuannya semata-mata untuk memastikan bahwa data-data penting yang dimiliki dalam keadaan aman.

About Admin

Check Also

Cara unlock iPhone

Inilah 3 Cara Unlock iPhone, Sudah Tahu?

jejakblog – Cara unlock iPhone menjadi salah satu hal penting yang sangat wajib dipahami oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *