Apa itu Cryptocurrency? Kenali Yuk Lebih Jelas dan Lengkapnya!

jejakblog – Cryptocurrency memungkinkan Anda membeli barang dan jasa, atau memperdagangkannya untuk mendapatkan keuntungan. Berikut lebih lanjut tentang apa itu cryptocurrency, cara membelinya, dan cara berinvestasi.

Cryptocurrency atau “crypto” adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa, tetapi menggunakan buku besar online dengan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi online. Sebagian besar minat dalam mata uang yang tidak diatur ini adalah untuk berdagang demi keuntungan, dengan spekulan kadang-kadang mendorong harga ke atas.

apa itu cryptocurrency

Apa itu cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah bentuk pembayaran yang dapat ditukar secara online untuk barang dan jasa. Banyak perusahaan telah mengeluarkan mata uang mereka sendiri, sering disebut token, dan ini dapat diperdagangkan secara khusus untuk barang atau jasa yang disediakan perusahaan. Pikirkan mereka seperti yang Anda lakukan pada token arcade atau chip kasino. Anda harus menukar mata uang nyata dengan cryptocurrency untuk mengakses barang atau jasa.

Cryptocurrency bekerja menggunakan teknologi yang disebut blockchain. Blockchain adalah teknologi terdesentralisasi yang tersebar di banyak komputer yang mengelola dan mencatat transaksi. Bagian dari daya tarik teknologi ini adalah keamanannya.

Ada berapa cryptocurrency? Bagaimana nilai mereka?

Setelah membahas tentang apa itu cryptocurrency, selanjutnya yang banyak dibahas adalah tentang berapa jumlah cryptocurrency dan bagaimana nilainya. Lebih dari 10.000 cryptocurrency berbeda diperdagangkan secara publik, menurut CoinMarketCap.com, situs web riset pasar.

Dan cryptocurrency terus berkembang biak, mengumpulkan uang melalui penawaran koin awal, atau ICO. Nilai total semua cryptocurrency pada 27 Mei 2021, lebih dari $1,7 triliun – turun dari tertinggi April sebesar $2,2 triliun, menurut CoinMarketCap. Nilai total semua bitcoin, mata uang digital paling populer, dipatok sekitar $735 miliar — turun dari tertinggi April sebesar $1,2 triliun.

Baca Juga:  5 Aplikasi Trading Crypto Terbaik 2021 dan Mudah Diaplikasikan

Mengapa cryptocurrency begitu populer?

Apa itu Cryptocurrency menarik? Ya mata uang ini menarik karena berbagai alasan. Berikut adalah beberapa yang paling populer:

  • Cryptocurrency sebagai mata uang masa depan dan sekarang banyak yang berlomba untuk membelinya.
  • Cryptocurrency bisa mengurangi inflasi karena mengurangi jumlah uang dari bank-bank sentral yang beredar di masyarakat.
  • Lebih aman daripada system pembayaran tradisional. Crypto dan blockchain adalah sistem pemrosesan dan pencatatan yang terdesentralisasi.

Apakah cryptocurrency merupakan investasi yang baik?

Mengetahui apa itu Apa itu Cryptocurrency memang penting tapi mengetahui apakah baik untuk investasi itu lebih baik. Cryptocurrency mungkin naik nilainya, tetapi banyak investor melihatnya sebagai spekulasi belaka, bukan investasi nyata. Alasannya? Sama seperti mata uang nyata, cryptocurrency tidak menghasilkan arus kas. Jadi, agar Anda mendapat untung, seseorang harus membayar lebih untuk mata uang itu daripada yang Anda lakukan.

“Bagi mereka yang melihat cryptocurrency seperti bitcoin sebagai mata uang masa depan, perlu dicatat bahwa mata uang membutuhkan stabilitas.” Seperti yang dicatat oleh penulis NerdWallet, cryptocurrency seperti Bitcoin mungkin tidak begitu aman, dan beberapa komunitas investasi telah menyarankan calon investor untuk menghindarinya.

Menurut Warren Buffett yang membandingkan Bitcoin dengan cek kertas: “Ini adalah cara yang sangat efektif untuk mengirimkan uang dan Anda dapat melakukannya secara anonim dan sebagainya. Cek juga merupakan cara mengirimkan uang. Apakah cek bernilai banyak? Hanya karena mereka dapat mengirimkan uang?”

Bagi mereka yang melihat cryptocurrency seperti Bitcoin sebagai mata uang masa depan, perlu dicatat bahwa mata uang membutuhkan stabilitas. Sehingga pedagang dan konsumen dapat menentukan berapa harga yang wajar untuk barang. Bitcoin dan cryptocurrency lainnya sama sekali tidak stabil sepanjang sejarahnya.

Misalnya, sementara Bitcoin diperdagangkan mendekati $20.000 pada bulan Desember 2017, nilainya kemudian turun menjadi sekitar $3.200 setahun kemudian. Pada Desember 2020, itu diperdagangkan pada level rekor lagi.

Volatilitas harga ini menciptakan teka-teki. Jika bitcoin mungkin bernilai lebih banyak di masa depan, orang cenderung tidak membelanjakannya dan mengedarkannya hari ini. Itu, membuatnya kurang layak sebagai mata uang. Mengapa menghabiskan bitcoin ketika nilainya bisa tiga kali lipat tahun depan?

Baca Juga:  2 Cara Daftar Mandiri Online Tanpa Ke Bank yang Mudah dan Efisien

Bagaimana cara membeli cryptocurrency?

Sementara beberapa mata uang kripto, termasuk Bitcoin, tersedia untuk dibeli dengan mata uang. Dan yang lain mengharuskan Anda membayar dengan bitcoin atau mata uang kripto lainnya. Untuk membeli cryptocurrency, Anda memerlukan “dompet” atau wallet, aplikasi online yang dapat menampung mata uang Anda.

Umumnya, Anda membuat akun di bursa, dan kemudian Anda dapat mentransfer uang nyata untuk membeli cryptocurrency seperti Bitcoin atau Ethereum. Berikut selengkapnya tentang cara berinvestasi di Bitcoin.

Coinbase adalah salah satu pertukaran perdagangan cryptocurrency populer di mana Anda dapat membuat dompet dan membeli dan menjual Bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Juga, semakin banyak broker online yang menawarkan cryptocurrency, seperti eToro, Tradestation, dan Sofi Active Investing. Robinhood menawarkan perdagangan cryptocurrency gratis (Robinhood Crypto tersedia di sebagian besar, tetapi tidak semua, negara bagian AS).

merupakan cara mengirimkan uang. Apakah cek bernilai banyak uang? Hanya karena mereka dapat mengirimkan uang?”

Bagi mereka yang melihat cryptocurrency seperti Bitcoin sebagai mata uang masa depan, perlu dicatat bahwa mata uang membutuhkan stabilitas sehingga pedagang dan konsumen dapat menentukan berapa harga yang wajar untuk barang. Bitcoin dan cryptocurrency lainnya sama sekali tidak stabil sepanjang sejarahnya. Misalnya, sementara Bitcoin diperdagangkan mendekati $20.000 pada bulan Desember 2017, nilainya kemudian turun menjadi sekitar $3.200 setahun kemudian. Pada Desember 2020, itu diperdagangkan pada level rekor lagi.

Volatilitas harga ini menciptakan teka-teki. Jika bitcoin mungkin bernilai lebih banyak di masa depan, orang cenderung tidak membelanjakannya dan mengedarkannya hari ini, membuatnya kurang layak sebagai mata uang. Mengapa menghabiskan bitcoin ketika nilainya bisa tiga kali lipat tahun depan?

Bagaimana cara membeli cryptocurrency?

Setelah tahu dan mengerti Apa itu Cryptocurrency, Anda harus mempertimbangkan untuk memilikinya atau tidak. Cryptocurrency dapat dibeli dengan dolar AS dan bahkan rupiah. Sedangkan yang lain mengharuskan Anda membayar dengan bitcoin atau mata uang kripto lainnya. Untuk membeli cryptocurrency, Anda memerlukan “dompet”, aplikasi online yang dapat menampung mata uang Anda.

Baca Juga:  Cara Buka Rekening Bank BRI Online: Solusi Tepat, Cepat dan Tidak Ribet

Umumnya, Anda membuat akun di bursa, dan kemudian Anda dapat mentransfer uang nyata untuk membeli cryptocurrency seperti Bitcoin atau Ethereum. Dengan mendengar kata-kata Bitcoin dan Ethereum, tentunya Anda sudah semakin mengerti apa itu cryptocurrency.

Coinbase adalah salah satu pertukaran perdagangan cryptocurrency populer. Dimana Anda dapat membuat dompet dan membeli dan menjual Bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Juga, semakin banyak broker online yang menawarkan cryptocurrency seperti TokoCrypto, Indodax dan lainnya.

Apakah cryptocurrency legal?

Tidak ada keraguan bahwa mereka legal di Amerika Serikat.Meskipun China pada dasarnya melarang penggunaannya, dan pada akhirnya tergantung pada masing-masing negara. Sementara di Indonesia diperbolehkan dalam beberapa hal. Pastikan juga untuk mempertimbangkan cara melindungi diri Anda dari penipu yang melihat cryptocurrency sebagai peluang untuk menipu investor.

Bagaimana cara melindungi diri saya dari penipu?

Selanjutnya di pembahasan apa itu Cryptocurrency secara lengkap kita bahas juga bagaimana melindungi diri dari penipu. Jika Anda ingin membeli mata uang kripto di ICO, maka perlu tahu hal ini:

  • Siapa yang memiliki perusahaan? Pemilik yang dapat diidentifikasi dan terkenal adalah pertanda positif.
  • Apakah ada investor besar lain yang berinvestasi di dalamnya? Ini pertanda baik jika investor terkenal lainnya menginginkan mata uang.
  • Apakah Anda akan memiliki saham di perusahaan atau hanya mata uang atau token? Perbedaan ini penting. Memiliki saham berarti Anda dapat berpartisipasi dalam penghasilannya (Anda adalah pemilik), sementara membeli token berarti Anda berhak menggunakannya.
  • Apakah mata uang sudah berkembang, atau apakah perusahaan ingin mengumpulkan uang untuk mengembangkannya? Semakin jauh produk, semakin kecil risikonya.

Itulah penjelasan tentang apa itu cryptocurrency hingga bagaimana Anda melindungi diri dari penipuan. Semoga bermanfaat..

source: https://www.nerdwallet.com/article/investing/cryptocurrency-7-things-to-know

About Admin

Check Also

daftar Bank Perkreditan Rakyat

Daftar Bank Perkreditan Rakyat dan Jenis Pelayanannya

jejakblog – Termasuk dalam golongan perbankan yang ada di Indonesia, daftar Bank Perkreditan Rakyat (BPR) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *