Sosial

Akses eform.bri.co.id Bansos, Segera Cek Daftar Penerima BPUM

jejakblog – Bantuan sosial yang digalakkan oleh pemerintah sejak 2020, kini juga telah hadir di tahun 2021. Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan bahwa BPUM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro akan disalurkan pada bulan Februari 2021 senilai Rp 2,4 juta rupiah. Anda bisa melakukan pencairan melalui bank BRI dengan mengikuti tahapan-tahapan yang telah ditetapkan.

Sebelum masuk pada proses pencairan, Anda bisa mengakses laman resmi BRI terlebih dahulu untuk melakukan proses pendaftaran dan juga mengecek daftar penerima bantuan. Laman resmi tersebut adalah eform.bri.co.id bansos. Bagaimana langkah-langkah dan prosedur akses website tersebut dengan mudah? Simak informasi berikut ini.

Akses eform.bri.co.id Bansos

Cara Mendaftarkan Diri Sebagai Penerima BPUM

Sebelum Anda memasuki langkah untuk mengecek nama penerima bantuan melalui eform.bri.co.id bansos, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Adapun beberapa cara daftar bansos, termasuk langkah dan persyaratan yang bisa Anda siapkan sebelum mendaftarkan diri sebagai penerima BPUM. Berikut ini beberapa langkahnya.

Menghubungi Dinas Koperasi dan UKM Setempat

Jika Anda pemilik usaha kecil menengah, Anda bisa menghubungi pihak Dinas Koperasi di wilayah masing-masing untuk mendapatkan surat rekomendasi. Selain itu, Anda juga bisa mendatangi Koperasi lain yang telah sah menurut badan hukum untuk dijadikan sebagai pengusul ketika Anda hendak mendapatkan bantuan sosial ini.

Baca Juga:  Begini Cek Bansos UMKM Online Menggunakan E-form BRI 2021

Lebih lanjut terkait cara daftar bansos, selain Anda menghubungi badan Koperasi, pihak pengusul yang dapat mengusulkan calon penerima bansos lainnya, seperti Kementerian/lembaga, perbankan dan perusahaan pembiayaan yang sudah terdaftar dalam OJK. Anda boleh memilih salah satu diantara beberpa pengusul yang berwenang diatas.

Meminta Surat Pengantar Pengajuan SKU dari RT/ RW Setempat

Lantas, bagaimana jika belum memiliki SKU? Tidak perlu khawatir bagi Anda atau masyarakat yang usahanya belum memiliki Surat Keterangan Usaha. Anda bisa meminta surat pengantar dari RT/RW setempat terkait kepemilikian Usaha Mikro Kecil Menengah. Surat pengantar tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak kelurahan dari masing-masing wilayah untuk ditandatangani oleh kepala kelurahan.

Sebelum berangkat ke kantor kelurahan, Anda juga perlu menyiapkan beberapa dokumen selain surat pengantar, yaitu Kartu Keluarga. Ingat, proses pembuatan SKU ini tidak akan dikenakan biaya sepeser pun. Setelah mendapatkan SKU dari aparat desa masing-masing, kini Anda bisa mendaftarkannya ke Dinas Koperasi setempat.

Cek Daftar Nama Penerima Melalui eform.bri.co.id Bansos

Setelah melakukan proses pendaftaran, Anda bisa mengecek status nama penerima BPUM sejumlah Rp 2,4 juta. Pengecekannya dapat dilakukan secara online menggunakan layanan e-form BRI UMKM. Kemenkop UKM sudah bekerja sama dengan bank BRI dalam proses penyaluran bantuan sosial untuk UMKM ini.

Kemenkop UKM memaparkan bahwa calon penerima bantuan sosial UMKM yang sudah mendaftarkan diri, bisa mengecek namanya melalui e-form BRI UMKM  dengan mengakses eform.bri.co.id bansos. Penyaluran bantuan ini akan dilakukan pada bulan Februari 2021. Penerima bansos adalah bagi mereka yang belum pernah mendapatkan bantuan produktif sebelumnya.

Baca Juga:  Simak, 5 Cara Dapat Beasiswa Sejuta Cita ! Ikuti Trik Ini

Penyaluran Dana BPUM Melalui BRI

Penyaluran dana bantuan UMKM yang diberikan oleh pemerintah telah mendapatkan persetujuan untuk bekerja sama dengan bank BRI. BRI menyalurkan dana bansos secara akurat, optimal, cepat, dan transparan kepada penerima bantuan. BRI akan membantu penyaluran BPUM kepada para pelaku usaha mikro yang terdampak pandemi Covid 19.

Penyaluran bantuan sosial diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) KPKH. Terhitung selama tahun 2020, BRI telah menyalurkan insentif sebesar Rp 3,8 juta rupiah dengan nilai bantuan beserta fasilitas penyalurannya hingga Rp 15 triliun. BRI juga menyalurkan bansos tunai sebesar Rp 1,6 juta triliun kurang lebih 500 ribu penerima.

Cara Mencairkan Dana BPUM Melalui BRI

Penerima bansos UMKM mendapat uang sejumlah Rp 2,4 juta untuk usaha. Bank BRI menjadi salah satu bank yang bekerjasama dengan pemerintah terkait proses penyaluran dana bantuan. Setelah mengecek daftar nama penerima di eform.bri.co.id bansos, Anda akan diarahkan pada tahapan pencairan dana. Bagaimana prosesnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Cek Jadwal Pencairan

Selain pengecekan dari eform.bri.co.id bansos, Anda juga akan mendapatkan notifikasi melalui SMS berupa informasi bahwa Anda mendapatkan bantuan. Setelah menerima SMS dari BRI, datangilah kantor cabang Bank BRI terdekat untuk memastikan jadwal pengambilan dana Bantuan Produktif Usaha Mikro atau BPUM.

Jadwal pencairan dana bantuan ini berbeda-beda untuk setiap wilayah di Indonesia. Pastikan agar Anda tidak ketinggalan informasi mengenai jadwal pencairan dana ini. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa pemberitahuan tersebut tidak salah antar masing-masing wilayah.

Baca Juga:  Simak, 5 Cara Dapat Beasiswa Sejutacita ! Ikuti Trik Ini

Membawa Dokumen yang Diperlukan

Penerima BPUM yang hendak mengunjungi kantor cabang Bank BRI juga harus menyiapkan dan wajib membawa dokumen-dokumen penting. Diantaranya, buku tabungan, KTP, kartu ATM, mengisi Surat Pernyataan, SPTJM, serta Surat Kuasa penerima bantuan sosial UMKM yang ada di BRI.

Apabila Anda atau penerima lain yang mendapatkan bantuan tidak memiliki rekening BRI, Anda bisa datang ke kantor BRI terdekat dan membawa identitas diri berupa KTP, dan bukti SMS untuk membuat buku tabungan. Proses pencairan bantuan sosial UMKM ini bersifat gratis tanpa ada pungutan biaya apapun.

Layanan Pengaduan Kendala Bansos UMKM

Apabila Anda mengalami kendala, baik saat melakukan pendaftaran ataupun proses pengecekan di eform.bri.co.id bansos serta seputar serba serbi bantuan sosial UMKM ini, silahkan mengunjungi laman resmi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah atau Kemenkop UKM.

Kunjungi www.lapor.go.id/instansi/kementerian-koperasi-dan-usaha-kecil-menengah. Situs resmi tersebut akan memberikan pelayanan dan bantuan kepada seluruh masyarakat terutama calon penerima bantuan BPUM. Oleh karena itu, jangan sampai ketinggalan informasi. Manfaatkan layanan pengaduan ini untuk membantu Anda.

Demikian informasi mengenai cara cek daftar penerima BPUM melalui website eform.bri.co.id bansos. Semoga dapat membantu Anda dan calon peserta lainnya. Gunakan akses tersebut dengan cara yang bijak dan segera cairkan dana bantuan sosial UMKM Anda di kantor cabang BRI terdekat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button