9 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di ITB, Gratis!

jejakblog – Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Perjuangan untuk mendapatkan beasiswa mungkin bukan hal yang mudah. Namun, kenyataannya banyak yang berhasil mendapatkannya. Oleh sebab itu, meskipun jalannya panjang dan sulit, semua orang pasti bisa mendapatkannya.

Biaya kuliah yang semakin tinggi menyebabkan banyak orang mencari alternatif lain, yaitu mendapat beasiswa. Apalagi penyedia program beasiswa semakin banyak. Jika berhasil mendapatkannya, bukan saja bisa menjalani kuliah secara gratis, tapi juga sedikit memudahkan biaya akomodasi saat menjalani kuliah.

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di ITB Secara Gratis

Beragam program beasiswa kini ditawarkan oleh pemerintah bekerja sama dengan universitas lokal dan asing. Aneka beasiswa ini ditujukan untuk mereka yang berprestasi dan memiliki keinginan yang kuat untuk melanjutkan pendidikannya.Bagi yang ingin kuliah di ITB, tak ada salahnya apabila mempertimbangkan cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di ITB dan syaratnya;

1. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Untuk bisa mendapatkan beasiswa, harus memiliki kemauan yang kuat dan diiringi dengan tindakan. Misalnya ingin mengajukan beasiswa ke ITB, teliti dengan seksama beberapa syarat yang harus dipenuhi. Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB beserta syaratnya bisa diakses laman resmi milik ITB. Informasi mengenai hal tersebut bisa pula didapatkan dari teman yang ada di ITB.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

2. Tentukan Bidang Study yang Diinginkan

Mendapatkan beasiswa untuk kuliah secara gratis di ITB adalah sebuah anugerah. Sebab biaya kuliah saat ini di berbagai universitas terbilang mahal. Saat akan mengajukan beasiswa, biasanya terdapat batasan study yang dipilih. Pastikan bahwa jurusan yang dipilih sesuai dengan minat dan kemampuan. Jangan sampai karena tergiur dengan beasiswa dan nama universitas, salah dalam memilih jurusan.

Hal demikian akan menjadi penyesalan di kemudian hari. Jika jurusan yang dipilih sesuai dengan minat dan bakat, maka nantinya akan menghasilkan hasil yang baik. Tidak hanya sekedar asal mendapatkan beasiswa saja, pastikan bahwa semua yang berkaitan dengan perkuliahan membuat nyaman dalam belajar.

3. Siapkan Dokumen Penting

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB harus mempersiapkan beberapa dokumen penting. Diantaranya adalah ijazah, sertifikat, transkrip nilai yang diperoleh selama beberapa semester. Biasanya yang dibutuhkan adalah salinannya, jadi pastikan saat difotokopi kualitasnya bagus dan mudah dibaca. Pastikan juga bahwa transkrip nilai yang jadi persyaratan telah ditandatangani dosen wali.

Baca Juga:  Kenali Macam Macam Beasiswa di Perguruan Tinggi Supaya Tidak Salah Daftar!

4. Siapkan Surat Referensi

Biasanya untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis di ITB dibutuhkan referensi. Bila yang mengajukan adalah calon mahasiswa, maka yang dibutuhkan adalah referensi dari guru atau kepala sekolah. Jika telah menjadi mahasiswa butuh referensi dari dosen wali atau ketua program study. Berbeda dengan beasiswa untuk pascasarjana referensi yang dibutuhkan lebih banyak, dari dosen hingga pimpinan.

5. Siapkan CV dan Surat Motivasi

Persyaratan cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB yang satu ini dianggap sangat penting. Sebab dari CV dan surat motivasi yang dibuat, penyedia beasiswa akan bisa menilai bahwa inilah orang yang dicari. Jelaskan secara detail mengapa berkeinginan kuliah di ITB dan mengapa memilih jurusan tersebut. Pada sesi ini pula, dapat dituangkan apa yang akan dikontribusikan setelah lulus kuliah nantinya.

6. Pastikan Telah Memiliki Nilai Test TOEFL

Memang tidak semua universitas memberlakukan syarat TOEFL untuk mendapatkan beasiswa. Namun, untuk mendapatkan beasiswa kuliah di ITB dengan mudah salah satu syarat yang wajib adalah nilai TOEFL. Oleh karena itu, persiapkan sejak dini dengan belajar bahasa Inggris sebaik mungkin agar mendapatkan nilai TOEFL sesuai dengan ketentuan yang ada dalam persyaratan beasiswa.

7. Manajemen Waktu

Waktu menjadi sesuatu yang harus diperhatikan saat akan melamar beasiswa. Sebab, deadline pengajuan hingga diterima tidak terlalu lama. Deadline yang tidak lama ini menyebabkan harus bisa mengatur waktu dengan baik. Jangan sampai menyiapkan dokumen penting berbagai persyaratan saat mendekati pendaftaran ditutup.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa IDcloudhost Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

8. Sertifikat Bahasa Asing

Jangan anggap remeh sertifikat bahasa Inggris, sertifikat semacam ini sangat penting untuk setiap kandidat penerima beasiswa. Untuk itu, bagi siapa saja yang ingin cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB berjalan lancar, coba ikut tes mulai sekarang. Sebab, butuh waktu untuk mempersiapkan, menerima hasil hingga melakukan ujian tertentu.

Untuk mendapatkan sertifikat ini, sekarang lebih mudah karena banyak lembaga yang menyediakan kursus singkat. Kursus semacam ini biasanya juga ditujukan untuk mereka yang hendak mengajukan beasiswa. Jadi, tidak ada alasan lagi sulit untuk mendapatkan sertifikat bahasa Inggris yang kredibel dan sesuai persyaratan.

9. Tekad yang Kuat

Setelah memutuskan jurusan yang dipilih, cara mendapatkan beasiswa kuliah yang mudah di ITB mulai dapat dilakukan. Untuk mendapatkan beasiswa ini memang dibutuhkan kesabaran, karena yang mengajukan tidak hanya satu orang. Peminat yang panjang membutuhkan waktu dan upaya untuk memverifikasi persyaratan dan dokumen.

Tidak terhitung, banyak yang gagal karena merasa capek dan jenuh menunggu. Ada pula yang malas untuk melengkapi setiap dokumen yang dibutuhkan. Padahal sayang sekali jika tidak mendapatkan beasiswa ini. bukan karena tidak memiliki potensi, tapi karena tidak cukup usaha cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB.

 

About Admin

Check Also

Beasiswa S1 hukum di Indonesia

Ingin Mendapat Beasiswa S1 Hukum di Indonesia, 6 Syarat Ini Harus Dipenuhi

jejakblog – Beasiswa S1 hukum di Indonesia memberikan kesempatan yang terbuka lebar bagi calon mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *