6 Cara Mengatasi Dehidrasi dengan Cepat, Tak Hanya Minum Air Putih!

Bagi Anda yang sering merasa haus berlebihan dan tubuh cepat lelah, bisa jadi Anda sedang mengalami tanda dehidrasi. Banyak orang tak sadar jika mengalami kondisi dehidrasi. Kenali penyebab dehidrasi dan cara mengatasi dehidrasi dengan cepat sejak dini.

Dehidrasi merupakan suatu kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Akibatnya, tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Gejala yang muncul saat mengalami dehidrasi dapat berupa pusing, badan lesu, dan tidak bersemangat. cara mengatasi dehidrasi dengan cepat

Gejala Dehidrasi

Dehidrasi memunculkan beberapa gejala. Cara atasi dehidrasi dengan cepat bisa dilakukan dengan mengetahui gejalanya. Ada dua jenis gejala dehidrasi yang biasa muncul, yakni ringan dan berat. Gejala Dehidrasi Ringan, antara lain ditandai dengan rasa haus, mulut kering, lelah, lesu, pusing atau sakit kepala, otot terasa lemah, frekuensi buang air kecil menurun.

Gejala Dehidrasi Berat, antara lain ditandai dengan rasa haus berlebih, produksi keringat berkurang, ritme napas dan detak jantung cepat, warna urine gelap, tekanan darah rendah, mata cekung.

 cara mengatasi dehidrasi dengan cepat

Penyebab Dehidrasi

Pada umumnya penyebab dehidrasi karena kurangnya konsumsi cairan, dan kehilangan banyak cairan. Bisa jadi Anda terlalu sibuk beraktivitas sehingga lupa minum air putih. Banyak orang yang luput memperhatikan asupan kebutuhan mineral harian tubuhnya.

Baca Juga:  8 Cara Mengobati Telinga Tuli Sebelah Secara Alami, Ikuti Cara Cepatnya!

Dehidrasi terjadi karena ketidakseimbanganan cairan sehingga fungsi tubuh terganggu. Bila dibiarkan, dehidrasi bahkan dapat merusak organ vital. Mempertahankan jumlah cairan di dalam tubuh merupakan hal penting, baik bagi orang yang sehat, maupun yang sedang menjalani pengobatan.

Selain itu penyebab tambahan dehidrasi dapat terjadi karena penyakit, yaitu seperti diare, muntah, diabetes, dan demam. Berkeringat dan cuaca lembab juga merupakan penyebab hilangnya cairan tubuh. Penyebab lain bisa terjadi karena sulit menemukan air mineral yang layak konsumsi.

Cara Mengatasi Dehidrasi

Agar terhindar dari dehidrasi, Anda perlu mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan. Anda dapat melakukan beberapa cara mengatasi dehidrasi dengan cepat seperti di bawah ini:

Rehidrasi

Cara menghilangkan dehidrasi dengan cepat ialah dengan cara minum air putih sebanyak yang dibutuhkan. Jika Anda mengalami kondisi yang menyebabkan banyaknya cairan yang hilang dari tubuh, maka Anda harus segera menggantinya. Contohnya dalam kondisi berolahraga dan banyak mengeluarkan keringat, minum air putih yang banyak dapat mengatasi dehidrasi.

Pada saat muntah dan diare, Anda dapat mengganti cairan yang hilang dengan mengonsumsi cairan yang mengandung elektrolit. Cairan elektrolit itu misalnya adalah larutan gula garam, dan air kelapa muda murni. cara mengatasi dehidrasi dengan cepat

Baca Juga:  10 Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri Secara Alami, Cepat Dan Mudah!

Konsumsi Buah dan Sayur Kaya Air

Anda bisa mendapatkan asupan air dari buah dan sayur yang memiliki kandungan air sebanyak 90% atau lebih. Mengonsumsi buah dan sayur kaya air juga bisa menambah asupan kalori dalam tubuh. Kalori bisa menambah energi tubuh sehingga dapat mengurangi kelelahan akibat dehidrasi.

Terdapat beberapa buah dan sayur yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi. Contohnya seperti mentimun, semangka, melon, selada, stroberi, seledri, kembang kol, jeruk, jambu air, dan lain-lain. cara mengatasi dehidrasi dengan cepat

Hindari Minuman Manis dan Kafein

Cara mengatasi dehidrasi dengan cepat juga bisa dengan mengurangi konsumsi minuman manis. Terlalu sering mengonsumsi minuman manis yang mengandung kafein juga dapat menyebabkan dehidrasi. Hindarilah minuman manis seperti kopi, teh, soda, alkohol, dan lainnya. Perbanyaklah minum air putih.

Minum Jus Buah Kaya Air

Sebagian orang mungkin kurang suka mengonsumsi buah-buahan secara langsung. Anda dapat menggantinya dengan minum jus buah kaya air. Ada beberapa macam buah yang cocok dibuat jus untuk mengurangi dehidrasi, antara lain jeruk, anggur, melon, nanas, pir, buah naga, apel, dan sebagainya.

Baca Juga:  3 Cara Mencegah Kehamilan Remaja: Pengenalan Dan Data Statistik!

Konsumsi Obat

Mengonsumsi obat yang sesuai juga dapat mengatasi dehidrasi. Misalnya ketika sedang diare maka diajurkan mengonsumsi obat diare supaya bisa mengurangi cairan yang keluar dari tubuh.
Pemberian Infus

Apabila kondisi sudah parah dan tak ada cara lain untuk mengatasinya. Maka dapat dilakukan dengan memberikan infus. Misalnya dalam keadaan sakit diare yang sudah parah, cairan infus mengandung mineral elektrolit dan air yang berguna untuk mengatasi dehidrasi.

Selain langkah-langkah di atas, disarankan melakukan kegiatan di lingkungan sejuk. Hal ini berguna untuk mencegah tubuh berkeringat secara berlebihan. cara mengatasi dehidrasi dengan cepat

Efek Dehidrasi

Dehidrasi mudah untuk disembuhkan tetapi bisa menjadi serius jika dibiarkan. Gejala dehidrasi berat yang tidak segera ditangani dapat menimbulkan efek yang lebih serius.

Gangguan ini dapat memicu komplikasi serius seperti kejang, penurunan kesadaran, masalah ginjal, otot kram dan sulit berjalan, serta volume darah rendah. Kemudian bisa menimbulkan penurunan jumlah oksigen yang mencapai jaringan.

Penutup

Setelah mengetahui cara mengatasi dehidrasi dengan cepat, Anda dapat melakukannya untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Penuhi kebutuhan cairan Anda setiap hari agar tubuh tetap dalam keadaan prima dan terhindar dari dehidrasi.

About Admin

Check Also

Cara Mengatasi Tumit Pecah Tanpa Obat, Hanya Pakai Bahan Alami!

Cara mengatasi tumit pecah menjadi informasi yang cocok untuk Anda yang sedang mengalaminya. Diketahui ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published.