Asal Rutin, 11 Olahraga Sehat di Dalam Rumah yang Simple ini Bisa Bikin Panjang Umur

Asal Rutin, 11 Olahraga Sehat di Dalam Rumah yang Simple ini Bisa Bikin Panjang Umur – Punya badan sehat dan bonus umur panjang, siapa sih yang tidak ingin memilikinya? Semua orang bahkan rela melakukan apapun untuk mendapatkan tubuh sehat, ideal dan tetap bugar di usia lanjut. Dari minum obat, jamu hingga melakukan berbagai macam bentuk olahraga yang dapat membantu mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal.

Dalam masa new normal ini, pembatasan aktivitas masih diberlakukan. Berolahraga bersama-sama  diluar masih dilarang untuk dilakukan. Alternatifnya, bisa melakukan olahraga sendiri di rumah dengan melakukan gerakan-gerakan ringan yang tetap bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Bahkan bisa membuat panjang umur, lho jika dilakukan secara rutin. Tidak harus mahal, olahraga yang simple ini dapat dilakukan pada saat pagi hari sebelum memulai aktivitas.

olahraga sehat di dalam rumah
olahraga sehat di dalam rumah

Macam-Macam Olahraga Sehat di Dalam Rumah yang Mudah dan Simple

Berada di dalam rumah lebih sering saat masa new normal ini, seharusnya tidak membuat Anda menjadi tidak aktif menggerakkan tubuh. Walau bagaimanapun, kesehatan tubuh tetap harus diperhatikan. Bukan hanya untuk menjaga tubuh terbebas dari serangan Covid-19, tapi juga menjaga tubuh tetap ideal dan sehat hingga usia lanjut nanti. Karena apa yang dilakukan saat ini, termasuk olahraga akan sangat berpengaruh dikemudian hari. Berikut adalah bentuk olahraga sehat di dalam rumah yang dapat dilakukan;

Jogging

Jika biasanya jogging dilakukan di luar rumah, maka untuk saat ini Anda bisa melakukannya di dalam rumah. Caranya cukup berjalan santai mengelilingi area rumah beberapa kali putaran. Jika kebetulan rumah Anda bertingkat, naik turun tangga adalah bentuk jogging lain yang dapat dilakukan selama beberapa menit. Selain untuk melatih kekuatan otot kaki, jogging menurut penelitian sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung, lho.

Push Up

Anda mungkin tidak terlalu asing dengan bentuk olahraga yang satu ini. Push Up adalah salah satu jenis olahraga sehat di dalam rumah yang dapat Anda lakukan secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Aktivitas olahraga yang sederhana ini tidak membutuhkan alat olahraga yang mahal untuk melakukannya. Meskipun demikian manfaat olahraga ini sangat besar untuk kebugaran tubuh. Tidak hanya untuk melatih kekuatan tangan, sama halnya dengan jogging, push up sangat baik untuk kesehatan jantung.

Treadmill

Punya alat olahraga treadmill di rumah? Selama masa new normal ini akan sangat menguntungkan. Anda bisa melakukan olahraga dengan alat tersebut selama 15-30 menit setiap pagi atau sore hari. Berolahraga dengan menggunakan alat ini mempunyai manfaat yang sangat baik untuk tubuh yaitu, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Jika dilakukan secara rutin manfaatnya akan terasa dalam waktu yang tidak lama.

olahraga sehat di dalam rumahYoga

Olahraga sehat di dalam rumah lainnya yang dapat dilakukan adalah yoga.  Melakukan aktivitas olahraga yang satu ini secara rutin di dalam rumah sangat dianjurkan karena manfaatnya yang dapat merelaksasi pikiran dan juga fisikk tubuh. Terdapat banyak gerakan yoga dari yang sederhana hingga tingkat tinggi yang dapat Anda lakukan. Cukup hanya dengan menyediakan waktu 30-60 menit saat pagi atau sore untuk melakukan olahraga menyehatkan ini.

Senam

Senam juga nampaknya menjadi salah satu jenis olahraga yang simple dan mudah dilakukan oleh siapa pun dan tidak boleh Anda lewatkan di rumah. Senam menjadi bentuk olahraga yang bagus utamanya bagi Anda yang punya program untuk menurunkan berat badan. Senam yang dilakukan dengan benar, manfaatnya cukup efektif untuk membakar kalori di dalam tubuh. Akibatnya berat badan dapat dikontrol. Manfaat lainnya yang terasa adalah dapat membangkitkan mood dan menjaga kesehatan jantung.

Lompat tali

Lompat tali menjadi jenis olahraga sehat di dalam rumah selanjutnya. Kegiatan ini memang sangat sederhana, tapi memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh Anda. Tidak membutuhkan alat yang mahal, Anda cukup menyediakan tali skipping yang dapat dibeli di toko peralatan olahraga dengan harga terjangkau. Lakukan secara rutin olahraga ini dalam waktu 15-30 menit setiap harinya saat pagi atau sore. Tidak terlalu sulit untuk dilakukan, bukan?

Angkat Beban

Olahraga lain yang ringan dan simple yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah angkat beban. Dengan memanfaatkan barbel olahraga angkat beban ini juga efektif untuk melatih dan membentuk otot tubuh. Tidak harus menggunakan barbel dengan beban yang berat, Anda bisa menggunakan barbel dengan bobot ringan yaitu 1 kg. Apabila sudah terbiasa, dari hari ke hari Anda bisa meningkatkan beban barbell yang digunakan.

Sit Up

Sit Up adalah bentuk olahraga sehat di dalam rumah yang tidak memerlukan alat. Mudah untuk dilakukan, dapat dilakukan di manapun dan kapan pun, olaraga ini mempunyai manfaat yang cukup besar. Tidak hanya untuk melatih otot perut saja, Sit Up juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Jika belum terbiasa melakukannya, Anda bisa lakukan aktivitas ini selama 5-10 menit saja.  Lain waktu Anda bisa meningkatkan durasu latihan sedikit demi sedikit agar hasil maksimal segera terasa.

Sepeda Statis

Apabila di rumah Anda mempunyai sepeda statis, maka manfaatkan dengan sebaik mungkin. Olahraga dengan menggunakan sepeda statis adalah salah satu cara sehat untuk mengisi waktu luang Anda. Olahraga ini mempunyai beberapa manfaat yang baik untuk tubuh yaitu, merawat kesehatan jantung, membantu menjaga berat badan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan olahraga ini secara rutin selama 15-30 saat pagi atau sore hari.

Baca artikel lain disini

Renang

Mempunyai kolam renang di dalam rumah juga akan sangat menguntungkan saat masa new normal ini. Anda bisa melakukan olahraga renang saat pagi atau sore hari sebelum melakukan aktivitas selama 15-30 menit. Renang mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Melatih pernafasan, renang juga baik untuk menjaga bentuk badan tetap ideal. Renang juga merupakan olahraga sehat di dalam rumah yang sederhana, baik untuk kesehatan jantung dan dapat memperpanjang umur.

Chair Squat

Agar olahraga yang dilakukan semakin bervariasi, maka Anda juga bisa mencoba untuk melakukan gerakan yang satu ini. Gerakan olahraga ini cukup mudah untuk dilakukan. Mulai dengan berdiri tegak di depan kursi, lalu buka kedua paha agak lebar, berayun di pinggul dan tekuk lutut. Selanjutnya posisikan punggung turun sampai bagian bawah menyentuh kursi. Pada posisi ini julurkan lengan Anda ke depan dan dorong tumit Anda. Lakukan gerakan tersebut berulang kali selama 15-30 menit setiap hari. Manfaatnya,  memperkuat otot kaki dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

Itu dia beberapa jenis olahraga sehat di dalam rumah yang bisa Anda lakukan. Tidak hanya pada saat new normal saja, tapi akan lebih bagus lagi jika Anda melakukannya setiap hari agar tubuh menjadi sehat dan senantiasa bugar. Melakukan olahraga tidak harus dengan alat yang mahal dan gerakan yang berat. Olahraga yang ringan sekalipun akan sangat bermanfaat untuk tubuh dan memperpanjang usia Anda.

About admin

Check Also

Mengetahui Apa Saja 5 Tips Gaya Hidup Sehat Yang Perlu Kamu Ketahui

Mengetahui Apa Saja 5 Tips Gaya Hidup Sehat Yang Perlu Kamu Ketahui. Pada dasarnya setiap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *